Mahfud M.D. Tagih Penjelasan Menteri Arcandra

    M Rodhi Aulia - 14 Agustus 2016 07:54 WIB
    Mahfud M.D. Tagih Penjelasan Menteri Arcandra
    Menteri ESDM Archandra Tahar. MI/Panca Syurkani.
    medcom.id, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar diterpa isu tak sedap terkait dugaan dia berkewarganegaraan Amerika Serikat. Pakar Hukum Tata Negara Mahfud M.D. pun memintanya memberi penjelasan soal isu tersebut.

    "Ada berita, Menteri ESDM Arcandra berkewarganegaraan USA setelah pindah kewarganegaraan sejak 2012. Kalau ini benar, ilegal," kata Mahfuddalam akun twitter pribadinya @mohmahfudmd, Sabtu (13/8/2016).

    Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini merujuk pada Pasal 22 Ayat (2) Butir a UU No. 39 Tahun 2008 terkait syarat pertama dan utama untuk menjadi menteri adalah warga negara indonesia. Sementara, Mahfud mendapatkan kabar Arcandra tidak mengembalikan paspor WNI setelah pindah kewarganegaraan.

    "Kalau itu benar, berarti Arcandra tidak jujur kepada Presiden (Joko Widodo) tentang jati dirinya. Bahkan bisa diartikan dia tidak punya rasa nasionalisme," ucap Mahfud.

    Menurut dia, Arcandra harus segera diganti walaupun kurang dari sebulan menjabat sebagai menteri ESDM menggantikan Sudirman Said. "Ini harus segera dijernihkan karena selain menyangkut konstitusionalitas dan legalitas, juga menyangkut kedaulatan negara kita," kata Mahfud.

    Namun, Mahfud masih tidak yakin Arcandra berbuat demikian. Dia menduga isu ini sengaja disebarluaskan pihak tertentu untuk menjatuhkan kredibilitas Arcandra. "Kita menunggu penjernihan masalah ini secara terbuka kepada publik. Martabat dan kedaulatan negara ini harus kita jaga bersama," kata dia.

    Dia pun enggan buru-buru menuding Presiden Jokowi lalai dalam hal memilih pembantunya. Mahfud tidak ingin berspekulasi lebih lanjut terkait isu ini.

    "Lupakan saja soal lalai atau tidak. Yang penting harus dijernihkan. Mungkin berita itu tidak benar yang hanya untuk menyerang Arcandra," pungkas dia.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id