Satgas Imbau Anak Tak ke Mal Bila Tidak Mendesak

    Theofilus Ifan Sucipto - 22 September 2021 12:39 WIB
    Satgas Imbau Anak Tak ke Mal Bila Tidak Mendesak
    Ilustrasi mal kembali dibuka Foto: MI/Susanto.



    Jakarta: Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 diperpanjang hingga 4 Oktober 2021. Dalam perpanjangan ini, pemerintah memperbolehkan anak usia di bawah 12 tahun ke mal. 

    “Namun, saya imbau jika tidak terlalu mendesak, maka anak sebaiknya tinggal di rumah saja," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis, Rabu, 22 September 2021.
     
    Wiku meminta orang tua hati-hati mendampingi anaknya bila harus ke mal. Orang tua berperan penting menjadi teladan dan mengingatkan protokol kesehatan (prokes) selama beraktivitas di dalam pusat perbelanjaan.
     
    “Satgas fasilitas publik yang telah dibentuk juga harus menjalankan perannya dengan menegakkan disiplin prokes,” ujar dia.
     
    Wiku tidak ingin pelonggaran tersebut menjadi biang lonjakan kasus covid-19. Seluruh masyarakat harus berpartisipasi menjaga tren baik dengan patuh prokes.

     



    Baca: Satgas Ingatkan Masyarakat Waspada Gelombang Ketiga Covid-19
     
    Pemerintah juga terus berusaha menggencarkan testing, tracing, dan treatment (3T). Kemudian mempercepat progres vaksinasi nasional.
     
    “Sedangkan fokus perawatan pasien positif di hilir agar menekan angka kematian dan meningkatkan kesembuhan sebesar-besarnya,” papar Wiku.
     
    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pelonggaran aktivitas didasari kondisi covid-19 yang telah terkendali. Salah satu pelonggaran terkait batas usia pengunjung mal. 
     
    "Akan dilakukan uji coba pusat perbelanjaan mal bagi anak-anak di bawah usia 12 tahun," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin, 20 September 2021.

    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id