12 Ribu Personel Amankan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia

Eko Nordiansyah - 13 Maret 2018 19:21 wib
Ilustrasi pengamanan oleh Polisi
Ilustrasi pengamanan oleh Polisi

Jakarta: Panitia Nasional Penyelenggaraan Rangkaian Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia 2018 menyiapkan 12 ribu personel untuk menjaga kemanan pertemuan tersebut. Pasalnya 20 ribu delegasi dari dalam dan luar negeri akan ikut dalam ajang internasional yang digelar di Bali tersebut.

"Jumlah personel kita siapkan kira-kira 12 ribu. Jumlah peserta kan puluhan ribu," kata Ketua Panitia Nasional Luhut Binsar Pandjaitan  di Gedung Kementerian Keuangan, Jalan Dr Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Selasa 13 Maret 2018.

Tak hanya soal keamanan, Panitia Nasional juga membahas kegiatan yang bersifat pendukung namun memiliki skala yang sangat besar di tingkat nasionaI, yaitu terkait aspek penanganan bencana (emergency and evacuation plan) dan penyiapan paket pariwisata bagi delegasi. 

Baca: Pemerintah Diminta Ingatkan Kesalahan IMF saat Krisis 1998

"Terkait dengan situasi dan kondisi tempat penyelenggaraan AM lMF-Bank Dunia 2018, khususnya dengan aktivitas Gunung Agung, telah sesuai dengan pendapat ahli bahwa kondisi Gunung Agung relatif stabil sehingga belum ada indikasi mengenai perubahan tempat pelaksanaan," imbuh Luhut.

Kepala Staf Umum TNI Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan Ashaf menambahkan, pihaknya siap menjaga keamanan selama perhelatan itu berlangsung. Bersama dengan kepolisian, ia memastikan kegiatan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia bisa berjalan lancar.

"Prinsipnya TNI dan Polri siap mendukung kegiatan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia. Jadi segala perencanaan yang dilakukan TNI dan Polri sudah detail, time table, siapa, berbuat apa, tinggal nanti adjustment bilamana ada tambahan," kata Didit.

Baca: Rangkaian Kegiatan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018




(Des)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.