9 Tuntutan KSPI di Hari Buruh

    Siti Yona Hukmana - 01 Mei 2021 13:13 WIB
    9 Tuntutan KSPI di Hari Buruh
    Ilustrasi buruh bekerja di pabrik. Antara/Syaiful Arif



    Jakarta: Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengeluarkan petisi pada peringatan Hari Buruh Internasional, Sabtu, 1 Mei 2021. Petisi itu berisi sembilan tuntutan untuk mengoreksi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Ciptaker).

    "Pertama, terkait pengaturan upah minimum. Dalam diatur UMK bersyarat; upah minimum sektoral kabupaten/kota (UMSK) dihapus; dasar penetapan UMP dan UMK bersifat alternatif, yaitu inflasi atau pertumbuhan ekonomi," kata Ketua Departemen Media dan Komunikasi KSPI Kahar S Cahyo dalam keterangan tertulis, Sabtu, 1 Mei 2021.






    Kahar mengatakan pengaturan itu menunjukan tidak adanya perlindungan negara untuk mengupayakan kesejahteraan buruh. Menurutnya perlu ditetapkan UMK tanpa syarat, UMSK tetap diberlakukan, dan dasar penetapan UMP dan UMK bersifat kumulatif.

    "Yaitu, inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Di mana setiap lima tahun sekali dilakukan peninjauan ulang terhadap kebutuhan hidup layak (KHL)," ujar Kahar.

    Kedua, pengaturan pesangon yang memakai standar nilai upah pokok (UP), UPMK, dan uang penggantian hak (UPH). UU Ciptaker menghapus 15 persen nilai UPH. Hal ini membut standar perlindungan dan kesejahteraan bagi buruh hanya berada di angka minimum.

    Ketiga, terkait pengaturan outsourcing. Dalam UU Ciptaker diatur hanya ada satu jenis outsourcing, yaitu outsourcing pekerja yang bisa dilakukan untuk semua jenis pekerjaan. Termasuk untuk kegiatan pokok (tidak hanya kegiatan penunjang).

    Baca: Satgas Covid-19 Pesan Hal ini pada Demo Buruh

    Perlindungan dan kesejahteraan buruh sesuai tujuan bernegara dinilainya hanya dapat dicapai apabila outsourcing dibatasi untuk lima jenis pekerjaan. Terdiri dari outsourcing pekerjaan dan outsourcing pekerja yang dikhususkan untuk kegiatan penunjang.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id