Ramai Soal Cip KTP-el, Apa Sih Isinya?

    Rendy Renuki H - 16 Februari 2021 13:09 WIB
    Ramai Soal Cip KTP-el, Apa Sih Isinya?
    Ilustrasi. Foto: Antara/Ujang Zaelani
    Jakarta: Masyarakat sedang ramai membahas soal cip dalam Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Banyak anggapan keberadaan cip itu membuat privasi masyarakat bisa dengan mudah dideteksi.

    Namun, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menegaskan cip dalam KTP-el tidak akan membahayakan pemiliknya. "Saya ingin menegaskan bahwa cip yang ada di bawah e-KTP hanya berisi data kependudukan," tegasnya di kanal YouTube Zudan Arif Berbagi Informasi.

    "Data kependudukan ini bisa dibuka hanya dengan card reader atau dengan kerja sama antarlembaga pengguna dengan Direktorat Jenderal Dukcapil," lanjut Zudan.

    Dia juga membantah isu KTP-el diproduksi di Tiongkok dan telah ditanamkan cip. Menurutnya, pembuatan KTP-el seluruhnya dikerjakan di Indonesia.

    Zudan juga menepis isu adanya cip di KTP-el yang bisa digunakan sebagai pelacak. Baik untuk menyadap suara atau melacak keberadaan seseorang seperti GPS.

    "KTP elektronik tidak diproduksi di China. Blangko KTP-el diproduksi di Indonesia dan pembuatan KTP-el sudah dilakukan di Indonesia," tegasnya.

    "Dalam KTP-el tidak berisi cip dengan modul-modul lain. Misalnya modul untuk menyadap suara, modul untuk mengikuti jejak seseorang, tidak ada. Saya pastikan hanya berisi satu cip yang berisi data kependudukan," tutupnya.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id