Terpopuler: Larangan Bertransaksi di Zona Merah PKL Hingga Pemecatan Irjen Napoleon

    Nur Azizah - 06 November 2021 06:32 WIB
    Terpopuler: Larangan Bertransaksi di Zona Merah PKL Hingga Pemecatan Irjen Napoleon
    Spanduk bertuliskan soal Perda nomor 11/2017 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL dan Peraturan Bupati nomor 8/2021 yang di dalamnya mengatur soal sanksi denda Rp500 ribu bagi masyarakat yang bertransaksi di zona larangan PKL terpasang di Jalan Wergu Wet



    Kudus: Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai mensosialisasikan Perda nomor 11 Tahun 2017 tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL). Perda ini mengatur soal sanksi denda Rp500 ribu bagi masyarakat yang membeli sesuatu di zona larangan PKL.
     
    "Sebetulnya, aturan tersebut mulai diberlakukan sejak diberlakukannya Perda nomor 11/2017 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL. Akan tetapi, karena saat ini sudah terbit Peraturan Bupati nomor 8/2021 tentang Pelaksanaan Perda 11/2017, maka kami mulai mensosialisasikan kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sudiharti di Kudus, Jumat, 5 November 2021. 
     
    Selain melalui media, sosialisasi juga dilakukan dengan cara memasang spanduk besar bertuliskan Perda nomor 11/2017 dan Peraturan Bupati nomor 8/2021 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL. Spanduk dipasang di Jalan Wergu Wetan atau kompleks GOR Wergu. 

    Sudiharti berharap masyarakat mengetahui info bahwa bertransaksi di zona merah PKL atau zona larangan berjualan bagi PKL bisa dikenakan denda Rp500 ribu. Apabila masih melakukan pengulangan pelanggaran akan dikenakan sanksi pidana kurungan paling lama 3 bulan atau pidana dedan paling banyak 50 juta.
     
    Baca: Asyik! PKL dan Warung Bakal Dapat BLT Rp1,2 Juta
     
    Terkait dengan PKL, sebelumnya juga sudah disosialisasikan Jalan Wergu Wetan dan kompleks GOR merupakan zona merah atau larangan berjualan bagi PKL. Sedangkan pedagang yang berada di zona merah dipersilakan pindah ke zona hijau karena nantinya akan diberi surat peringatan pertama, kedua dan ketiga, baru dilakukan penertiban. 

     



    Lokasi zona larangan PKL, meliputi kawasan ruang di wilayah perkotaan di sepanjang pinggiran jalan, bahu jalan, trotoar, dan area taman kota dan depan perkantoran. Kawasan persimpangan jalan dengan radius sepuluh meter juga masuk dalam zona merah, termasuk ruas jalan yang terpasang rambu peringatan larangan PKL juga termasuk di dalamnya.

    Baca selengkapnya di sini
     
    Artikel terkait penataan PKL di Kudus menjadi berita paling banyak dibaca di kanal Nasional Medcom.id. Berita lain yang juga menarik pembaca ialah penahanan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin. 
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id