Presiden Beri Pengarahan ke 2.693 Kepala Daerah

    M Sholahadhin Azhar - 13 November 2019 11:30 WIB
    Presiden Beri Pengarahan ke 2.693 Kepala Daerah
    Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
    Bogor: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian membuka Rapat Kerja Nasional Indonesia Maju Forum Koordinasi Antar Pimpinan Daerah (Forkopimda). Kepala daerah bakal mendapat pembekalan buat menjalankan tugas lima tahun ke depan. 

    "Ada kepala daerah, anggota DPRD, kepolisian dan kejaksaan. Kita siap mendengarkan langsung arahan bapak," kata Tito saat menyambut Presiden Joko Widodo di Sentul International Convention Center, Rabu,  13 November 2019.

    Tito menyebut acara ini penting supaya kepala daerah dan unsur lainnya mendapat pencerahan soal visi misi Presiden Jokowi. Khususnya, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), melanjutkan infrastruktur dan mempermudah regulasi.

    "Acara ini bersifat top down, pemerintah pusat menyampaikan apa kepada kepala daerah," kata dia.

    Arahan pemerintah pusat diharapkan bisa diserap pemerintah daerah. Tito berharap ada sinkronisasi antar dua komponen pemerintahan ini.

    Dia menyebut Jokowi akan memberikan pokok pikiran pemerintah. Setelahnya, bakal ada diskusi panel yang diisi menteri atau kepala lembaga terkait.

    "Nanti panel diskusi panelisnya dari menteri koordinator, menteri terkait pembangunan daerah dan panelis pengawas," ujar Tito.

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Inspektorat Jenderal dilibatkan penuh dalam forum. Forum nasional ini digelar satu hari. 

    Sejumlah menteri terdaftar menjadi pembicara. Seperti, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto; Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan;  dan Menko PMK Muhadjir Effendi. 



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id