Moeldoko Sebut TNI Tak Bersinggungan Langsung dengan ASABRI

    Damar Iradat - 14 Januari 2020 15:41 WIB
    Moeldoko Sebut TNI Tak Bersinggungan Langsung dengan ASABRI
    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: MI
    Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut TNI tidak akan ikut campur soal kasus yang terjadi di PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI). TNI tidak memiliki otoritas yang bersinggungan dengan ASABRI.

    Moeldoko juga tak pernah bersinggungan langsung dengan ASABRI selama menjadi Panglima TNI. ASABRI murni dikelola Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

    "Sampai pemilihan direktur utama ASABRI saja oleh menteri BUMN dan kalau enggak salah dengan Kementerian Pertahanan. Jadi, kalau urusan ASABRI saya enggak ngerti sama sekali," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 14 Januari 2020.

    Menurut Moeldoko, selama ini tidak ada masalah pembayaran kepada prajuritnya. Salah satu skema pembayaran ASABRI untuk prajurit TNI yakni dalam konteks perumahan.

    ASABRI berperan sebagai pembayar uang muka. Perusahaan berpelat merah itu akan membayar uang muka saat prajurit TNI akan memesan rumah.

    "Selanjutnya TWP, (tabungan wajib perumahan) itu yang menyicil perbulannya yang membayar ke bank. Mekanismenya seperti itu. Selama saya menjadi panglima enggak ada sih ya persoalan-persoalan itu muncul, semuanya baik. Tapi, sekali lagi bagaimana di dalamnya sama sekali kita enggak paham, karena jauh antara Cilangkap dengan ASABRI itu, enggak ada kontak langsung," paparnya.

    Dugaan korupsi di ASABRI sebelumnya diungkap oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Menurut dia, perusahaan ini juga bermasalah seperti PT Jiwasraya yang membuat negara merugi Rp 10,4 triliun.

    "Tidak kalah fantastisnya dengan kasus Jiwasraya, di atas Rp10 triliun," kata Mahfud di Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id