Syahbandar Diminta Perketat Persyaratan Pelayaran

    Damar Iradat - 22 Juli 2018 16:40 WIB
    Syahbandar Diminta Perketat Persyaratan Pelayaran
    Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) bersama Kepala BMGK wikorita Karnawati (kanan) dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (22/7). Foto: Medcom.id/Damar Iradat.
    Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginstruksikan syahbandar kepelabuhan memperketat persyaratan pelayaran. Hal ini demi mengantisipasi kecelakaan laut di tengah cuaca ekstrem.

    "Saya mengintruksikan kepada syahbandar yang dua minggu lalu sudah bertemu dengan kami agar memberikan suatu syarat-syarat yang lebih ketat dan memberikan satu pemahaman, baik untuk kapal-kapal penumpang, logistik, dan tidak terkecuali pada kapal nelayan," kata Budi dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 22 Juli 2018.

    Budi juga meminta pemerintah daerah (pemda) dan syahbandar kepelabuhan mencegah para nelayan melaut ketika cuaca tidak bersahabat. Sebelum berlayar, nelayan diharap memerhatikan kondisi kapal. Hal ini juga berlaku untuk kapal penumpang.

    Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan selama cuaca ekstrem melanda Tanah Air, Budi meminta pemda meningkatkan koordinasi dengan syahbandar kepelabuhan.

    "Saya imbau kepada pemda dan syahbandar agar koordinasi ditingkatkan. Sejauh ini memang belum ada dampak yang signifikan," tegas Budi.

    Baca juga: BMKG: Waspada Gelombang Tinggi Hingga Akhir Juli

    Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menjelaskan, cuaca ekstrem di Indonesia saat ini tak lepas dari pengaruh perubahan iklim global. Oleh karena itu, ilmu cuaca yang dimiliki nelayan secara turun menurun dari nenek moyang dinilai tak akan berpengaruh besar.

    "Ada perubahan anomali-anomali, kejadian perubahan siklon tropis. Ilmu cuaca yang turun temurun diporakporandakan itu karena banyak dari kita yang kurang siap," tegas dia.

    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id