Presiden Bahas Pemanfaatan Tanah di Kawasan Hutan

    Damar Iradat - 26 Februari 2019 12:02 WIB
    Presiden Bahas Pemanfaatan Tanah di Kawasan Hutan
    Presiden Joko Widodo - Medcom.id/Damar Iradat.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas soal kebijakan pemanfaatan tanah di kawasan hutan. Kebijakan ini penting dalam rangka memberikan perlindungan hukum pada rakyat.

    "Perlu saya ingatkan bahwa kebijakan pemanfaatan tanah di lahan hutan ini sangat penting dalam rangka memberikan perlindungan hukum terutama pada rakyat yang memanfaatkan bidang tanah di kawasan hutan," kata Jokowi saat membuka ratas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, 26 Februari 2019.

    Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat bercerita soal kunjungan kerja ke Bengkulu. Warga bercerita soal sengketa lahan dengan pihak swasta.

    "Ada swasta yang diberi hak konsesi, sehingga kampung ini masuk ke dalam konsesi itu. Sehingga menjadi sengketa, kan kalah nih sengketa," kata Kepala Negara. 

    Tak cuma itu, di Pulau Jawa juga banyak terjadi sengketa terutama di kawasan Perhutani. Ia mengungkapkan banyak kampung di kawasan Perhutani yang jalannya tidak bisa diaspal.

    (Baca juga: Reformasi Agraria Cegah Pertanahan Jadi Sengketa)

    Masalahnya, kata dia, setiap mau diaspal harus izin terlebih dahulu. Hal-hal seperti ini, menurut dia, harus cepat diselesaikan.

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah pendataan dan penataan di kawasan hutan harus dipercepat. Ini agar rakyat, masyarakat hukum adat, dan masyarakat ulayat mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut.

    "Kemudian inventarisasi dan verifikasi penguasaan tanah di dalam kawasan hutan. Jangan sampai prosesnya berbelit-belit disederhanakan, dipercepat, sehingga, keluhan-keluhan rakyat yang sampai ke kita bisa kita selesai kan secara cepat," tegas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

    Joko Widodo sebelumnya mengungkap keberhasilan pemerintahannya dalam pembagian sertifikat tanah dan program hutan sosial untuk rakyat. Individu pemilik konsesi lahan diminta mengembalikannya kepada negara.

    "Pemerintahan juga melaksanakan program kehutanan sosial. Kita telah membagikan konsesi untuk masyarakat dan rakyat sektor hutan. Sudah kita bagikan 2,6 juta hektare," kata Jokowi dalam pidatonya, di SICC, Sentul, Jawa Barat, Minggu 24 Februari 2018.
     



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id