Selain Covid-19, Kasus Malaria dan Diare Ditemukan di PON Papua

    Kautsar Widya Prabowo - 12 Oktober 2021 20:24 WIB
    Selain Covid-19, Kasus Malaria dan Diare Ditemukan di PON Papua
    Pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe. Foto: MI/Susanto



    Jakarta: Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut tidak hanya kasus covid-19 yang terjadi saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Penyakit malaria dan diaere juga muncul. 

    "Keluhan penyakit lain yang tercatat selama penyelenggaraan PON ialah empat kasus malaria dan dua kasus diare," kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa, 12 Oktober 2021.

     



    Wiku menyebut dari penyelenggaran PON XX, pelajaran terkait pentingnya perencanaan yang matang dapat dipetik. Hal itu dapat menjadi pembelajaran dalam penyelenggaran acara-acara besar di kemudian hari.

    Baca: 83 Atlet Terpapar Covid-19 di PON XX Papua

    "Hasil evaluasi ini dapat dimanfaatkan tidak terbatas untuk penyelenggaraan acara olahraga, namun acara-acara lain yang melibatkan banyak orang demi memastikan kegiatan tersebut dapat berlangsung lancar dan aman covid-19," jelas dia.

    Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membuat ketentuan baru ihwal protokol kesehatan (prokes) di PON XX Papua. Ketentuan itu untuk menindaklanjuti temuan kasus covid-19 dalam kompetisi olahraga tersebut.

    "Kami menetapkan beberapa hal untuk jadi patokan prokes acara-acara ke depan," kata Budi dalam telekonferensi di Jakarta, Senin, 11 Oktober 2021.

    Ketentuan pertama, memberi wewenang lebih kepada satgas covid-19 acara. Dengan begitu, mereka bisa lebih leluasa mengingatkan dan mengawasi penerapan prokes.

    "Kedua, sesuai arahan Bapak Jokowi (Presiden Joko Widodo) agar dipastikan semua asrama atau tempat tinggal atlet dijaga jarak baik saat tidur maupun saat makan," ujar Budi.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id