Populer Nasional: Diplomasi Haji Hingga Profil Mochtar Kusumaatmadja

    Yogi Bayu Aji - 07 Juni 2021 06:42 WIB
    Populer Nasional: Diplomasi Haji Hingga Profil Mochtar Kusumaatmadja
    Ka'bah. Foto: AFP



    Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) telah berupaya keras menyelenggarakan Haji 2021. Namun, upaya itu kandas karena sejumlah pertimbangan yang berujung pembatalan.
     
    "Koordinasi, komunikasi, sinergitas, sudah kita bangun. (Termasuk) diplomasi lobi tentu sudah kita lakukan," kata pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag, Khoirizi, dalam program Crosscheck #FromHome by Medcom.id bertajuk 'Gagal Haji, Pandemi atau Lemah Diplomasi?', Minggu, 6 Juni 2021.
     
    Khoirizi mengungkapkan pemerintah berupaya menjalankan diplomasi formal dan informal. Jalur formal melalui diplomasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kemenag, dan Kementerian Luar Negeri.

    "(Juga) perwakilan kita di Arab Saudi, ada konsulat jenderal juga dilakukan (diplomasi)," ujar Khoirizi.

     



    Baca: Pemerintah Getol Diplomasi Sebelum Putuskan Tunda Haji

    Artikel terkait diplomasi haji menjadi berita terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id. Selain itu, kabar soal pasien di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, ikut mendapatkan perhatian pembaca. 

    Sebanyak 2.669 orang dirawat di RSD Wisma Atlet Kemayoran pada Minggu, 6 Juni 2021. Seluruh pasien rawat inap menempati Tower 4, 5, 6, dan 7.
     
    "Jumlah itu bertambah 79 orang dari kemarin," kata Perwira Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan-I) Kolonel Marinir Aris Mudian dalam keterangan tertulis, Minggu, 6 Juni 2021.
     
    Aris memerinci pasien terpapar covid-19 terdiri atas 1.257 pria dan 1.412 perempuan. Sebanyak 87.424 pasien terdaftar di fasilitas kesehatan rujukan covid-19 tersebut sejak 23 Maret 2020.

    Pembaca juga mencari tahu soal profil menteri era Orde Baru, Mochtar Kusumaatmadja. Dia meninggal dunia pada Minggu, 6 Juni 2021.
     
    Kabar Mochtar meninggal dunia itu dikonfirmasi langsung Kantor Staf Presiden (KSP) lewat akun Twitter. Namun, belum diketahui penyebab Mochtar meninggal dunia.
     
    "Kantor Staf Presiden (KSP) turut berduka cita yang mendalam atas wafatnya Mochtar Kusumaatmadja," demikian pernyataan KSP.

    Mochtar salah satu sosok yang berjasa untuk Indonesia lantaran pernah terlibat dalam pemerintahan Orde Baru yang dipimpin Presiden Soeharto. Dia dipercaya menduduki dua jabatan menteri berbeda, yakni menteri kehakiman (1973-1978) dan menteri luar negeri (1978-1988).

    Berita soal haji hingga Mochtar Kusumaatmadja masih terus diperbarui. Klik di sini untuk mendapatkan berita terbaru dari Kanal Nasional Medcom.id.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id