Dokter Muda Dipanggil, Kementerian Kesehatan Terapkan Formasi 1:6

    MetroTV - 21 Juni 2021 17:07 WIB
    Dokter Muda Dipanggil, Kementerian Kesehatan Terapkan Formasi 1:6
    Tangkapan layar Metro TV



    Jakarta: Lonjakan kasus covid-19 langsung direspons Kementerian Kesehatan. Demi mengisi kekurangan tenaga kesehatan, pemerintah akan memanggil dokter muda. 

    Tak hanya itu, pemerintah juga akan menguji coba formasi satu berbanding enam (1:6). Formasi ini meliputi satu dokter dapat menangani enam pasien positif covid-19.

     



    "Pemerintah akan melakukan berbagai upaya untuk membantu beberapa rumah sakit yang kekurangan nakes (tenaga kesehatan). Rumah sakit di beberapa daerah juga sudah meminta pemerintah untuk mengirimkan bantuan nakes," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, dalam tayangan Metro Siang Metro TV, Senin, 21 Juni 2021.

    Oscar mengatakan, dalam waktu dekat ini, pemerintah akan memobilisasi dokter muda atau pascainternsip untuk langsung terjun ke lapangan. "Kami akan mobilisasi peserta program pendidikan dokter spesialis yang masih dalam masa pendidikan," kata dia.

    Kementerian Kesehatan juga akan mendayagunakan peserta program Nusantara Sehat. Di sisi lain, lulusan baru perawat juga akan langsung dipanggil.

    "Mereka akan disalurkan kepada poltekkes (politeknik kesehatan) yang angkanya pasiennya sedang tinggi dan membutuhkan nakes yang lebih," kata dia.

    Jumlah ideal nakes adalah 1:3, tapi khusus untuk penanganan covid-19, pemerintah memutuskan untuk memakai formasi 1:6. "Ini karena kondisinya membutuhkan," ujar dia.

    Tak sampai di situ, kata Oscar, pemerintah juga akan bekerja sama dengan organisasi profesi untuk memobilisasi anggotanya. Para relawan yang sudah habis masa tugasnya juga akan kembali dipanggil. (Raja Alif Adhi Budoyo)


    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id