Peralatan Medis dan Obat Korona dari Tiongkok Tiba Besok

    Anggi Tondi Martaon - 22 Maret 2020 12:56 WIB
    Peralatan Medis dan Obat Korona dari Tiongkok Tiba Besok
    Petugas menunjukkan obat Chloroquine yang diserahkan kepada RSPI Sulianti Saroso di Jakarta, Sabtu, 21 Maret 2020. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
    Jakarta: Obat dan peralatan medis terkait penanganan virus korona (covid-19) dari Shanghai, Tiongkok, tiba di Jakarta, Senin, 23 Maret 2020. Tim penjemputan segera bertolak dari 'Negeri Tirai Bambu'.

    "Besok pagi pesawat akan landing di (Bandara) Halim Perdanakusuma pagi hari pukul 09.30 WIB," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Wisma Atlet, Jalan HBR Motik, Kemayoran, Jakarta, Minggu, 22 Maret 2020.

    Menurut dia, logistik medis ini dikirim menggunakan pesawat Hercules. Berat peralatan medis dan obat yang diangkut mencapai sembilan ton.

    Setibanya di Jakarta, peralatan medis dan obat-obatan langsung diserahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Semua peralatan disimpan di gudang di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma.

    "Dan besok akan diterima Wamenhan (Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono) dan Kasum (Kepala Staf Umum) TNI Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto," ujar dia.

    TNI mengerahkan pesawat angkut berat C130 Hercules ke Shanghai, Sabtu, 21 Maret 2020, pukul 06.55 WIB. Pesawat akan mengangkut logistik kesehatan yang dibeli pemerintah melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan).

    Peralatan Medis dan Obat Korona dari Tiongkok Tiba Besok
    Grafis Medcom.id

    Baca: Tiongkok Sebut Obat Flu Jepang Efektif Tangani Korona

    Pesawat C130 Hercules berangkat dari Skuadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur. Pesawat dengan nomor registrasi A-1333 itu dipiloti Komandan Skadron Udara 32 Letnan Kolonel (Pnb) Suryo.

    Rute penerbangan Malang-Natuna-Hainan-Shanghai. Pesawat A-1333 bakal dua kali transit (short stop), di Lanud Raden Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan untuk mengisi bahan bakar (refuel) sebelum mendarat di Bandara Pudong, Shanghai.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id