Banjir Melanda Kantor Kelurahan Jatinegara

    Antara - 16 Februari 2020 20:59 WIB
    Banjir Melanda Kantor Kelurahan Jatinegara
    Ilustrasi hujan deras sebabkan banjir. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
    Jakarta: Kantor Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, dilanda banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah DKI Jakarta. Banjir merendam lantai dasar (basement) kelurahan hingga sekitar 30 sentimeter (cm).

    "Kami menerima laporan bahwa sekitar pukul 17.25 WIB bagian basement Kantor Lurah Jatinegara terendam banjir," kata Kepala Seksi Operasional Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman di Jakarta, Minggu, 16 Februari 2020.

    Bagian yang terendam sebagian difungsikan menjadi ruang kantor pelayanan serta area parkir kendaraan. Banjir diduga akibat minimnya lahan resapan air di tengah intensitas curah hujan yang tinggi. 

    "Satu unit tim evakuasi kami kerahkan menuju lokasi dan proses penyedotan air berlangsung lebih kurang setengah jam," ujar dia.

    Camat Cakung, Achmad Salahudin, memastikan genangan tak akan menghambat pelayanan publik. "Untuk layanan kepada masyarakat sejauh ini tidak terkendala, karena masih libur, diharapkan besok situasi sudah normal," kata Salahudin.

    Banjir Melanda Kantor Kelurahan Jatinegara
    Tim pemadam kebakaran (damkar) menyedot air yang menggenangi lantai dasar Kantor Kelurahan Jatinegara. Foto: Antara

    Minim Resapan

    Menurut Salahudin, banjir yang melanda Kantor Kelurahan Jatinegara disebabkan minimnya resapan. Sedangkan, curah hujan yang turun cukup tinggi.

    "Penyebabnya kurang besarnya kapasitas sumur resapan yang seharusnya menampung rembesan air hujan," kata Salahudin.

    Salahudin mengatakan Bagian Tata Pemerintahan Kota Jakarta Timur akan membuat sumur resapan guna mengantisipasi genangan di sekitar Kantor Kelurahan Jatinegara. "Selanjutnya dari pihak kontraktor akan memperbaiki itu," ujar dia.

    Salahudin telah menginstruksikan lantai dasar Kantor Kelurahan Jatinegara tidak difungsikan untuk sementara waktu. Sekitar pukul 18.00 WIB, tim pemadam kebakaran (damkar) melakukan penyedotan air dan genangan sudah surut.





    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id