1.346 Masalah Bansos Diadukan ke Ombudsman

    Fachri Audhia Hafiez - 05 Agustus 2020 17:25 WIB
    1.346 Masalah Bansos Diadukan ke Ombudsman
    Ilustrasi bansos. Antara/Oky Lukmansyah
    Jakarta: Bantuan sosial (bansos) menjadi sektor yang paling banyak diadukan masyarakat ke Ombudsman. Tercatat ada 1.346 laporan yang diterima Ombudsman.

    "Paling banyak itu terkait dengan bantuan sosial dibandingkan sektor lainnya," kata Ketua Ombudsman Amzulian Rifai dalam diskusi virtual betajuk 'Evaluasi Penanganan Covid-19 dalam Perspektif Ombudsman RI dan DPR', Rabu, 5 Agustus 2020.

    Karena menyangkut persoalan bansos, kata dia, maka dinas sosial di masing-masing provinsi yang paling banyak dilaporkan. Laporan tersebut sampai ke kantor Ombudsman di 34 provinsi.

    Menurut Amzulian, persoalan data penduduk menjadi perhatian penting agar distribusi bansos berjalan dengan baik. Pasalnya, banyak laporan orang yang berhak menerima tidak memperoleh bansos, begitu juga sebaliknya.

    Baca: Doni Monardo: Covid-19 Bukan Konspirasi

    Selain itu, konflik di tengah-tengah warga kerap terjadi karena masalah data. Amzulian meminta Kementerian Sosial (Kemensos) berkolaborasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar masalah data penduduk penerima bansos bisa akurat.

    "Di antara problem-problem yang dihadapi itu karena memang problemnya pada data," ujar Amzulian.

    Amzulian berharap pemerintah terus melakukan evaluasi terhadap masalah bansos. Antisipasi terhadap timbulnya masalah juga mesti diperhatikan.

    "Terus melakukan evaluasi dan kontrol terhadap setiap langkah-langkah kebijakan, serta lebih proaktif dalam menyiapkan berbagai kemungkinan kendala yang akan muncul di masyarakat," ujar Amzulian.

    Di sisi lain, laporan terbanyak ke Ombudsman lainnya yakni sektor ekonomi dan keuangan dengan 176 aduan. Sedangkan sektor keamanan terendah dengan hanya delapan laporan.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id