Sektor Pertanian Indonesia Dipuji Bank Dunia, Ini Komentar Mentan

    Medcom - 23 Oktober 2021 19:06 WIB
    Sektor Pertanian Indonesia Dipuji Bank Dunia, Ini Komentar Mentan
    Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. (foto: tangkapan layar newsmaker medcom.id)



    Jakarta: Dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menunjukkan capaian membanggakan di sektor pertanian.

    Baru-baru ini, Bank Dunia memberikan pujian atas suksesnya pertanian Indonesia yang tetap tumbuh di tengah pandemi disaat negara lain justru terancam krisis pangan.

     



    Bank dunia melalui perwakilannya di Indonesia memuji pertanian Indonesia yang konsisten tumbuh di tengah pandemi dan sukses memanfaatkan digitalisasi hingga menarik minat generasi milenial berbisnis di sektor pertanian.

    Menteri Pertanian (Kementan) RI, Syahrul Yasin Limpo atau bapak dari 38 juta petani di Indonesia berkomentar bahwa pujian tersebut bukan hanya untuk Kementerian Pertanian, namun untuk seluruh warga Indonesia.

    "Karena di saat pandemi covid-19 melanda kita bisa survive, tidak sedikit negara di luar sana yang terpuruk. Sebagai negara keempat terbesar di dunia, pujian tersebut menurut saya menjadi sebuah challenge bahwa sebenarnya pertanian adalah tulang punggung bangsa,” ujar Syahrul dalam program Newsmaker Medcom.id.

    Pertanian merupakan salah satu sektor kekuatan di masa pandemi. Hanya pertanian yang dapat tumbuh mencapai 16,42 IPDP2 di saat covid sedang tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa sumber daya alam Indonesia sangat mendukung dalam sektor pertanian

    Indonesia mampu menangani permasalahan pangan di saat pandemi covid-19 yaitu dengan dua pendekatan yaitu medical solution dan foods security. Menurut Syahrul, jika foods security lemah akan berdampak pada kelangsungan hidup seluruh warga Indonesia.

    Pujian dari bank Indonesia ini juga bentuk bagaimana bangsa Indonesia mampu menjaga kekompakan dengan sumber daya yang melimpah baik di darat sampai laut. 

    Saksikan perbincangan lebih lengkap bersama Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo dalam Newsmaker by Medcom.id bertema "Jokowi, Era Manis Negeri Agraris" hanya di YouTube dan Kanal Medcom.id. (Nabila Safarina)

     

    (PRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id