comscore

Daftar Negara Dengan Harga Tes PCR Lebih Murah Dibanding RI

Cindy - 14 Agustus 2021 17:38 WIB
Daftar Negara Dengan Harga Tes PCR Lebih Murah Dibanding RI
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta: Harga tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di Indonesia memang cukup tinggi dibandingkan sejumlah negara di Dunia. Di Indonesia, harga tes PCR dibanderol Rp800 ribu hingga jutaan rupiah tergantung kecepatan data yang diterbitkan. 

Lantas, negara mana saja yang harga tes PCR-nya lebih murah ketimbang Indonesia? Tercatat harga tes PCR paling murah sedunia berada di Mumbai, India dengan harga Rp114 ribu. 
Kemudian, harga tes PCR di ibu kota India yakni Delhi sebesar Rp129 ribu. Di peringkat ketiga dengan harga tes PCR terendah yakni Minsk, Belarus dengan harga Rp143 ribu. 

Lalu di Tokyo Haneda, Jepang yang dibanderol dengan harga Rp158 ribu, serta Nursultan, Kazakhstan seharga Rp173 ribu. Selanjutnya, harga tes PCR di Rusia berkisar antara Rp160-200 ribu. 

Baca: Ribut Harga PCR, Intip Harga Tes PCR di Negara Besar Lainnya

Kemudian, harga di Istanbul, Turki hingga Dubai, Uni Emirat Arab dibanderol dengan harga Rp400-500 ribu. Harga tes PCR di Afrika Selatan mencapai Rp574 ribu. Sementara itu, tes PCR di Ukraina sebesar Rp656 ribu. 

Sebelumnya, harga tes PCR di Indonesia menjadi sorotan. Sebab, biaya tes yang ditetapkan pemerintah jauh di atas India.
 
Pemerintah New Delhi, India mengurangi biaya tes PCR di wilayah serikat pekerja. Dari harga 800 rupee (setara Rp155 ribu) menjadi 500 rupee (sekitar Rp97 ribu). Harga tersebut berlaku untuk semua laboratorium swasta. Pemilik laboratorium harus mematuhi kebijakan tersebut.

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id