Pejabat Diminta Berempati di Tengah Pandemi Korona

    Medcom - 25 Maret 2020 14:47 WIB
    Pejabat Diminta Berempati di Tengah Pandemi Korona
    Petugas medis melakukan rapid test (pemeriksaan cepat) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (25/3/2020). Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
    Jakarta: Pejabat publik diminta untuk menjaga sikap di tengah pandemi virus korona (covid-19). Pejabat harus mengesampingkan kepentingan pribadi dan lebih berempati terhadap kepentingan masyarakat.

    "Sedih saya melihat ada seorang pati (perwira tinggi) Polri yang lebih mengedepankan kepentingan pribadi dibandingkan mengoptimalkan tugasnya melayani masyarakat di tengah kondisi seperti ini," kata politisi Partai NasDem, Ahmad Sahroni, Rabu, 25 Maret 2020.

    Pernyataan Wakil Ketua Komisi Hukum DPR ini ditujukan kepada Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Komjen Mochamad Iriawan, yang juga perwira aktif Polri. Sahroni menyayangkan kehadiran Iwan Bule, sapaan Iriawan, dalam sebuah tes medis pencegahan covid-19 di rumah seorang pengusaha.

    Ia menegaskan, dalam kondisi memprihatinkan saat ini, seluruh pejabat dan penyelenggara negara--baik legislatif, eksekutif, maupun yudikatif--sebaiknya mempertontonkan keberpihakannya kepada masyarakat.

    "Terlebih baru-baru ini kita kehilangan enam petugas medis yang berjuang menyelamatkan pasien covid-19. Semua pihak justru harus saling mendukung untuk kepentingan bersama," katanya. 

    Baca: Kategori Orang Diprioritaskan Ikut Rapid Test

    Masyarakat, menurutnya, pun berharap para pemangku kepentingan mau berjibaku membantu mereka melewati situasi krisis. Tidak hanya sebagai bagian dari tugas, melainkan juga bentuk simpati dan empati kepada masyarakat.

    "Lebih bijaksana dan etis jika ia (M Iriawan) meninjau atau menghadiri tes medis di tengah masyarakat luas daripada tes medis di kediaman pribadi seorang pengusaha," tuturnya.

    Sebuah video beredar saat petugas medis melayani tes virus korona di rumah pengusaha Jerry Lo. Di sana, hadir Ketua Umum PSSI Komjen Pol Mochamad Iriawan. Pati Polri yang akrab disapa dengan sebutan Iwan Bule ini tampak mengenakan seragam polisi sambil meninjau tes medis itu.

    Iriawan membenarkan dirinya menghadiri tes yang berlangsung pada Selasa, 24 Maret 2020, itu. "Saya ditelepon yang bersangkutan (Jerry Lo) untuk melihat tes korona. Siapa tahu bermanfaat untuk PSSI. Saya ke sana sekitar pukul 14.00 WIB, berangkat dari kantor," kata Iriawan.



    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id