Pekerjaan Migran dan ABK Bakal Dikarantina di Asrama Haji

    Nur Azizah - 11 Mei 2020 20:54 WIB
    Pekerjaan Migran dan ABK Bakal Dikarantina di Asrama Haji
    Kepala BNPB Doni Monardo. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
    Jakarta: Seluruh pekerja migran Indonesia (PMI) dan anak buah kapal (ABK) bakal dikarantina di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur. Karantina ini juga berlaku untuk para pelajar yang berasal dari luar negeri dan jemaah tablig dari India.

    "Kami sudah laporkan kepada Bapak Presiden untuk bisa mendapatkan tambahan ruang untuk isolasi sementara. Bapak Presiden tadi telah menyetujui untuk menggunakan asrama haji. Mereka  ditampung pada satu kawasan sehingga memudahkan pengawasan dan kontrolnya," kata Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Senin, 11 Mei 2020.

    Doni menyampaikan selama ini ABK yang kembali selalu ditempatkan di sejumlah hotel. Namun, petugas keamanan dan medis kesulitan dalam mengawasi mereka.

    "Dengan adanya izin dari Bapak Presiden untuk penggunaan asrama haji baik di Pondok Gede dan Bekasi, kita harapkan unsur kontrol dan pengawasan akan jauh lebih baik," ujarnya.

    Kepala BNPB ini menyampaikan para PMI, pelajar, ABK, dan jemaah tablig yang negatif korona akan diizinkan pulang. Pemeriksaan akan dilakukan dengan metode swab dan polymerase chain reaction (PCR).

    "Sehingga akurasi bagi pendatang warga negara kita yang dari luar negeri betul-betul bisa kita jamin, bahwa mereka sudah dalam keadaan sehat," ujar Doni.

    Sementara itu, para pendatang yang positif covid-19 akan dibawa ke rumah sakit darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Sebagian juga akan dibawa akan ke rumah sakit darurat di Pulau Galang.

    "Sementara yang di Jawa Timur, di Surabaya sedang dalam proses menyiapkan ruang-ruang isolasi bantuan, dan kerja sama Kementerian PUPR dengan pemerintah provinsi dan gugus tugas," jelas dia.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id