Dampak Kerumunan Pasar Tanah Abang Terlihat 2 Pekan Mendatang

    Nur Azizah - 04 Mei 2021 19:01 WIB
    Dampak Kerumunan Pasar Tanah Abang Terlihat 2 Pekan Mendatang
    Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito/Medcom.id/Theofilus Ifan



    Jakarta: Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan dampak kerumunan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, baru terlihat belasan hari mendatang. Ia berharap kerumunan yang terjadi tak signifikan menambah kasus baru.

    "Dampaknya baru akan ketahuan dua sampai tiga minggu pascaperistiwa," kata Wiku di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Selasa, 4 Mei 2021.







    Wiku menyayangkan masih banyak masyarakat mengabaikan protokol kesehatan. Dia meminta pemerintah daerah lebih tegas menegakkan protokol kesehatan.

    "Saya juga minta kepala satgas daerah untuk aktif mencegah, mengawasi, dan menindak tegas setiap pelanggaran protokol kesehatan di fasilitas umum wilayah kerja masing-masing," ucap dia. 

    Baca: 
    Pemprov DKI Dinilai Tak Siap Cegah Kerumunan di Pasar Tanah Abang

    Sebelumnya, Perumda Pasar Jaya melakukan berbagai cara mengurangi kerumunan di Pasar Tanah Abang. Salah satunya, bekerja sama dengan TNI-Polri untuk mengawasi protokol kesehatan di Pasar terbesar di Asia Tenggara itu.

    Dirut Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan 2.500 personel yang terdiri atas TNI, Polri, dan Satpol PP. Mereka disebar di sejumlah titik di kawasan Tanah Abang.

    Petugas juga telah mengatur alur masuk dan keluar mengurai penumpukan di dalam pasar. Sebelum memasuki pasar, seluruh pengunjung diminta mencuci tangan menggunakan sabun, dicek suhu badan, dan wajib menggunakan masker.

    Selain itu, Perumda Pasar Jaya mengatur jam tutup toko. Gerai di lantai ganjil diminta tutup pukul 16.00 WIB. Sedangkan, yang berada di lantai genap tutup pukul 17.00 WIB.



    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id