Survei: Animo Masyarakat Terhadap Program Vaksinasi Tinggi

    Anggi Tondi Martaon - 10 April 2021 14:34 WIB
    Survei: Animo Masyarakat Terhadap Program Vaksinasi Tinggi
    Ilustrasi vaksinasi untuk lansia. Medcom.id/Zaenal Arifin



    Jakarta: Survei Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan vaksinasi covid-19 sebagai salah satu program terbaik yang dibuat pemerintah selama pandemi. Program tersebut disambut baik oleh masyarakat.

    "Respons masyarakat cukup tinggi (vaksinasi covid-19), mencapai 73 persen (sambut positif)," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah dalam diskusi virtual, Sabtu, 10 April 2021.






    Keberhasilan sosialisasi menjadi salah satu alasan animo masyarakat tinggi. Setidaknya ada tiga sumber utama pembentuk pemahaman masyarakat terhadap vaksinasi covid-19. Pengaruh paling besar berasal dari sosialisasi pemerintah.

    "Imbauan pemerintah 55 persen," ungkap dia.

    Peran media massa juga dinilai berkontribusi membentuk pemahaman masyarakat terhadap program vaksinasi. Sebanyak 39 pengetahuan terkait program vaksinasi berasal dari media massa.

    Terakhir dari tokoh agama. Peran pemuka agama cukup efektif meningkatkan kepercayaan masyarakat mengikuti program tersebut.

    "(Peran) tokoh agama 26 persen," ujar dia.

    Baca: Pemerintah Kebut Program Vaksinasi Lansia

    IPO melakukan survei terhadap 1.200 responden pada akhir Maret hingga awal April 2021. Survei bertajuk Refleksi Penanganan Pandemi dan Konstelasi Politik 2024 menggunakan multistage random sampling untuk penentuan responden.

    Sedangkan margin of erros survei sekitar 2,50 persen. Tingkat akurasi data berada di kisaran 97 persen.

    Program vaksinasi sudah berjalan semenjak 13 Januari 2021. Jumlah penerima vaksin covid-19 dosis pertama mencapai 9.784.278 orang per Jumat, 9 April 2021. Sedangkan jumlah penerima vaksinasi dosis kedua 4.943.231 orang.

    Vaksin untuk Indonesia 

    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. 

    Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.

    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, SLANK bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id