Menko Polhukam: Saudara Rizieq Mohon Kooperatif

    Cahya Mulyana - 30 November 2020 06:09 WIB
    Menko Polhukam: Saudara Rizieq Mohon Kooperatif
    Menko Polhukam Mahfud MD. Dok. BNPB
    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menegaskan setiap warga Indonesia harus patu protokol covid-19. Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang kabur dari perawatan di Rumah Sakit (RS) Ummi, Bogor, Jawa Barat, harus bersedia memenuhi panggilan aparat untuk memberikan keterangan.

    "Dimohonkan kepada saudara Muhammad Rizieq Shihab untuk kooperatif dalam rangka penegakan hukum. Kalau merasa diri sehat, tentunya tidak keberatan untuk memenuhi panggilan aparat hukum memberikan keterangan," ujar Mahfud saat memberikan keterangan resmi di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Jakarta, Minggu, 29 November 2020.

    RS Ummi dan Mer-C juga mesti bertanggung jawab dan memberi keterangan. Mahfud menyebut pemeriksaan tidak selalu berbuntut dinyatakan bersalah.

    "Mungkin hanya dimintai keterangan jam berapa (Rizieq) datang, apa yang diperlihatkan, bagaimana (Rizieq datang), siapa saja yang masuk (kamar Rizieq), dan sebagainya," kata Mahfud.

    Baca: Penghalang Pelacakan Kontak Erat Covid-19 Bisa Dijerat Pidana

    Ia meminta ketiga pihak tersebut kooperatif mengikuti proses pemeriksaan. Tujuan pemeriksaan jelas memutus penularan virus korona yang selama ini menjadi fokus pekerjaan pemerintah.

    Terlebih, kata dia, Mer-C perlu menjelaskan landasan aktivitas tes korona yang selama ini dilakukan. "Sebab Mer-C itu tidak mempunyai laboratorium dan tidak terdaftar dalam jaringan yang memiliki kewenangan untuk melakukan tes," jelas Mahfud.

    Rizieq, kata dia, bisa saja merasa sehat dan tidak menularkan penyakit kepada orang lain. Tapi, Rizieq yang selalu dikerumuni simpatisan bisa terancam ditulari covid-19 oleh orang lain.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id