Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan Terbanyak di DKI

    Sri Yanti Nainggolan - 06 Maret 2021 04:32 WIB
    Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan Terbanyak di DKI
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Lembaga mitra Komisi Nasional Antikekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menemukan kasus kekerasan terhadap perempuan paling banyak terjadi di Pulau Jawa. Tertinggi, yakni DKI Jakarta dengan 2.461 kasus kekerasan sepanjang 2020.

    "Kedua adalah Jawa Barat 1.011 kasus, kemudian Jawa Timur 687 kasus," kata Komisioner Dewi Kanti dalam Catatan Akhir Tahun 2020 Komnas Perempuan, Jumat, 5 Maret 2021.






    Dia menjelaskan kasus kekerasan di Pulau Jawa tersebut menjadi yang tertinggi karena karena struktur kelembagaan dan teknologinya lebih bagus. Sehingga, mereka lebih mudah dalam melaporkan kasus kekerasan.

    Kasus kekerasan yang paling tinggi berada di ranah personal dengan persentase lebih dari 60 persen. Kekerasan tersebut di Jakarta ada 2.052 kasus, Jawa Barat 773 kasus, dan Jawa Timur 456 kasus.

    "Namun, persentase kasus kekerasan di ranah pribadi tertinggi ada di DIY, yaitu 96,58 persen atau 254 kasus," kata Komisioner Komnas Perempuan, Alimatul Qibtiyah.

    Baca: Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan Menurun 31%

    Sementara itu, kekerasan dalam komunitas banyak terjadi di Jawa Timur dengan 230 kasus atau 33,48 persen. Kemudian, kasus ranah negara terbanyak di DKI Jakarta dengan 17 kasus atau 0,69 persen.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id