Pandemi Percepat Akselerasi Digital

    Faustinus Nua - 22 November 2020 02:12 WIB
    Pandemi Percepat Akselerasi Digital
    Menkominfo Johnny G Plate meluncurkan pelatihan UMKM, Senin, 5 Oktober 2020. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
    Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan pandemi virus korona (covid-19) mendorong pemerintah mempercepat akselerasi digital. Pasalnya, akselerasi digital yang semula ditargetkan hingga 2027 dapat dituntaskan hanya dalam kuartal ke-4 2020.

    "Hanya dengan satu kuartal seluruh fasilitas kesehatan ini bisa diberikan fasilitas internet," ungkap Johnny dalam sambutan virtual pada hari ulang tahun (HUT) ke-101 Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM), Sabtu, 21 November 2020.

    Menurut dia, penyediaan akses internet sedianya akan dipenuhi hingga 2027. Namun dalam pembahasan bersama di Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Johnny meminta target itu dipercepat. Permintaan itu disetujui mengingat selama pandemi penggunaan ruang digital meningkat 10 kali lipat.

    Baca: Ekonomi Global Masih Diselimuti Ketidakpastian di 2021

    "Dan untuk itu saya berterima kasih kepada Menkeu (Menteri Keuangan Sri Mulyani) yang begitu sigap memberi persetujuannya untuk menyediakan akses internet di 3.126 puskemas (pusat kesehatan masyarakat) dan fasilitas kesehatan di seluruh Tanah Air pada kuarta ke-4 2020," tutur dia.

    Johnny berharap peningkatan infrastruktur teknologi dan informasi, khususnya sektor kesehatan, benar-benar dimanfaatkan. Inovasi teknologi medis menjadi sangat penting dan didukung sepenuhnya pemerintah.

    Terkait aplikasi telemedis atau telekonsultasi yang diluncurkan RSCM, Kominfo turut mengapresiasi. RSCM sebagai rumah sakit rujukan bisa memimpin inovasi digital di sektor kesehatan di Indonesia.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id