Mahfud MD Tegaskan Rizieq Shihab Bakal Diberi Sanksi

    Nur Azizah - 16 November 2020 13:39 WIB
    Mahfud MD Tegaskan Rizieq Shihab Bakal Diberi Sanksi
    Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab. MI/Ramdani.
    Jakarta: Pemerintah bakal menjatuhkan sanksi kepada Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab lantaran melanggar protokol kesehatan. Rizieq menggelar acara yang mengakibatkan kerumunan massa di tengah pandemi virus korona (covid-19).

    "Pemerintah akan tindak tegas dan lakukan penindakan hukum," tegas Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di kantor Kemenko Polhukam, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin, 16 November 2020.

    Mahfud meminta tokoh agama memberi contoh kepada masyarakat agar patuh menjalankan protokol kesehatan. Bukan malah menciptakan kerumunan dan melanggar protokol pencegahan covid-19.

    "Indonesia adalah negara demokrasi sehingga setiap warga punya hak berekspresi dan beraktivitas, tetapi bahwa Indonesia juga negara nomokrasi, negara hukum, penggunaan hak individu tidak boleh mengganggu hak masyarakat lain," ujar Mahfud.

    Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menyebut tindakan Rizieq telah membuyarkan usaha pemerintah dan masyarakat dalam menekan kasus covid-19 selama delapan bulan. Ia menyebut kerumunan yang berlangsung sejak 10 hingga 14 November 2020 berpotensi meningkatkan kasus baru.

    "Orang yang sengaja berkerumun tanpa mengindahkan protokol kesehatan berpotensi menjadi pembunuh potensial. Relawan serta kelompok masyarakat sipil yang mengatasi covid-19 mengeluh perjuangan mereka tidak dihargai," ujarnya.

    Teranyar, Rizieq menggelar pesta perkawinan anaknya, Syarifah Najwa Shihab, di Petamburan, Jakarta Barat, pada Minggu, 15 November 2020. Pesta ini diklaim dihadiri sekitar 10 ribu orang. 

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id