Jokowi Ingin Pengusaha Muda Jadi Konglomerat

    Damar Iradat - 16 September 2019 14:40 WIB
    Jokowi Ingin Pengusaha Muda Jadi Konglomerat
    Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menjamin akan menjadikan pengusaha muda sebagai konglomerat baru. Pasalnya, Indonesia saat ini membutuhkan konglomerat baru.

    "Pemerintah perlu turun tangan memberikan jalan, memberikan peluang-peluang yang ada kepada mereka (pengusaha untuk menjadi konglomerat baru)," kata Jokowi saat membuka Munas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Hotel Sultan, Jakarta, Senin, 16 September 2019.

    Jokowi sudah meminta HIPMI dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menyerahkan 20 nama pengusaha muda yang akan dijadikan konglomerat. Namun, dia belum juga menerima nama-nama tersebut.

    Di sisi lain, Jokowi menjelaskan salah satu kelemahan pengusaha muda ialah enggan bermitra dengan pihak lain. Padahal, ini merupakan kesempatan besar para pengusaha, termasuk pengusaha muda mendapatkan mitra.

    "Saya yakin akan banyak sekali investasi yang akan masuk. Jadikan mereka mitra. Jadikan mereka partner," tutur dia.

    Dia mengingatkan para pengusaha muda agar tak melulu bergantung pada proyek-proyek yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), ataupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Seluruh peluang perlu diambil.

    "Bidang-bidang yang di luar itu juga perlu dimasuki agar tidak dimasuki oleh pengusaha-pengusaha dari luar yang masuk ke Indonesia," ujar dia.

    Ketua Umum HIPMI Bahlil Lahadalia sebelumnya meminta Presiden Jokowi  membantu pengusaha muda untuk naik kelas menjadi konglomerat. Pasalnya, konglomerat yang ada belum banyak berganti sejak 1998 hingga tahun ini.

    Konglomerat yang muncul selama ini tak lepas dari bantuan dan intervensi pemerintah. Namun, intervensi tersebut masih dalam koridor dan landasan hukum yang jelas.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id