Iriana Jokowi Ajak Warga Bogor Daur Ulang Sampah

    Desi Angriani - 19 September 2019 15:01 WIB
    Iriana Jokowi Ajak Warga Bogor Daur Ulang Sampah
    Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama anggota OASE Kabinet Kerja di Kabupaten Bogor. Medcom.id/Desi Angriani.
    Bogor: Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengajak warga Bogor memanfaatkan sampah yang bisa didaur ulang. Hal itu disampaikan Iriana dalam Pencanangan Aksi Gerakan Indonesia Bersih bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (Oase) di Sungai Cipakancilan, Bogor.

    "Di sini tadi ibu dari PKK dari Majelis Ta'lim sudah ngasih testimoni bahwa sampah ini juga tidak harus dibuang, ada yang berguna," ujar Iriana di Sungai Cipakancilan, Tanah Sereal, Bogor, Kamis 19 September 2019.

    Sampah tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis kerajinan tangan, pakan ternak, bahan batako hingga pembuatan pupuk organik. Iriana memuji hasil kerajinan tangan anggota PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Cilebut yang membuat bros dari botol plastik.

    "Oh ini juga sampah, oh warnanya begini. Itu buatannya berapa jam atau berapa menit? Satu jam sudah jadi bros cantik," kata Iriana.

    Ibu Negara menjanjikan pelatihan pengelolaan sampah daur ulang bagi anggota PKK di wilayah tersebut. Iriana meminta masyarakat membuang sampah pada tempatnya dan memilah sampah yang bisa didaur ulang.

    "Tadi minta pelatihan ya bu, ini ada Ketua Umum PKK Ibu Erni nanti bisa ditindaklanjuti dari Bu RW ke bawah, nanti kalau sampah-sampah yang bisa masih digunakan kita bisa membuat daur ulang," jelas Iriana.

    Sementara itu, Rahmiyanti unsur dari Majelis Ta'lim Al Baroqah Cilebut akan menyosialisasikan pengelolaan sampah daur ulang di setiap rumah. Hal tersebut dipercaya akan mengurangi pencemaran lingkungan di sekitar aliran sungai.

    "Kita ingin mengajak ibu-ibu mulai mengelola sampah dari rumah, kemudian belanja tidak mengandalkan keresek, memisahkan sampah organik dan diadakan pelatihan sehingga bisa dikelola. Mudah-mudahan sungai kembali bersih dan bisa menjadi wisata yang indah," jelasnya.

    Iriana sebelumnya meninjau sekaligus meresmikan Gerakan Indonesia Bersih di Sungai Cipakancilan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Hal itu menyusul Sungai Cipakancilan yang pernah viral diberitakan akibat tumpukan sampah.

    Dalam acara tersebut, Ibu Iriana didampingi sejumlah istri menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) dan istri Gubernur Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil.

    Sungai Cipakancilan memiliki panjang delapan kilometer, yang terbagi dua kilometer di Kota Bogor dan enam kilometer di Kabupaten Bogor.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id