Akses Desa di Kabupaten Bogor Mulai Terbuka Pascalongsor

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 08 Januari 2020 00:19 WIB
    Akses Desa di Kabupaten Bogor Mulai Terbuka Pascalongsor
    Desa terisolasi akibat longsor di Sukajaya, Bogor, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Rizky D.
    Jakarta: Akses ke sejumlah desa terisolasi di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mulai bisa dilalui. Teranyar, akses Desa Pasir Madang berhasil dibuka.

    "Desa Pasir Madang yang kemarin terisolasi sudah dibuka, bantuan sudah bisa masuk," kata Ketua Satgas Pembukaan Jalur Utama Penghubung Desa Sukajaya-Desa Cileuksa, Suparman mengutip Antara, Selasa, 7 Januari 2020.

    Sejak hujan deras yang mengguyur pada awal 2020, ada enam titik longsoran yang membuat beberapa desa terisolasi. Dimulai dari Desa Cisarua, diikuti Jayaraharja, Pasir Madang, hingga Cileuksa.

    Berkat kerja cepat Tim Satgas, hari kedua pascalongsor akses di Desa Cisarua sudah terbuka. Disusul Desa Jayaraharja pada hari keempat, dan terbaru Pasir Madang.

    Meski demikian masih ada satu desa yang terisolasi, yakni Desa Cileuksa. Suparman beserta tim yang berasal dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Kementerian PUPR akan melanjutkan untuk membuka akses. Hingga saat ini belum diketahui ada berapa titik longsor yang menghalangi akses ke Desa Cileuksa tersebut.

    "Alat berat yang di sini ekskavator besar, satu ekskavator kecil, kemudian buldozer satu, dan loader-nya ada empat," ungkap Suparman

    Sebelumnya Presiden Joko Widodo sempat menyaksikan proses pembukaan akses ke desa yang terisolasi pascalongsor di Sukajaya. Proses pembukaan akses ini tidak jauh dari kantor Desa Harkat Jaya yang dikunjungi Jokowi yang juga merupakan posko bantuan bagi korban yang terdampak bencana.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id