comscore

40 Perusahaan di Jakbar Belum Bayar THR Karyawan

Antara - 26 April 2022 14:52 WIB
40 Perusahaan di Jakbar Belum Bayar THR Karyawan
Ilustrasi. Media Indonesia.
Jakarta: Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat mendapati puluhan aduan terkait perusahaan yang belum membayar tunjangan hari raya (THR) kepada para karyawannya. Laporan ini masuk sejak Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) membuka posko pengaduan THR secara online.

"Kita terima sekitar 40 laporan (perusahaan) sejak pekan lalu," kata Kepala Seksi Pengawas Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Jakarta Barat, Tri Yuni Wanto, saat dihubungi di Jakarta, Selasa, 26 April 2022.
Tri mengaku sudah memberikan surat imbauan kepada 40 perusahaan tersebut untuk membayar hak THR karyawan. Nantinya, Pemkot akan melakukan mediasi pihak perusahaan dengan karyawan terkait penyelesaian masalah THR.

Baca: Pelanggaran THR 2022 Tembus 2.114 Aduan

Ia mengatakan perusahaan yang tidak bisa membayarkan THR mesti melapor, agar dapat dicarikan jalan tengah. Khususnya, apabila alasannya lantaran keuangan perusahaan yang tidak memadai.

Namun, jika perusahaan kukuh tidak mau memberikan hak THR karyawan, pihaknya akan melayangkan surat peringatan terhadap perusahaan tersebut.

"Kita akan buatkan nota pemeriksaan, mungkin bisa ditindaklanjuti dengan pengenaan sanksi administrasi," kata dia.

Hingga saat ini, penanganan terhadap 40 laporan perusahaan belum bayar THR itu masih berlangsung. Namun, Tri belum bersedia memerinci nama-nama 40 perusahaan itu, termasuk di bidang apa.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id