Pemprov DKI Cari Solusi Singkirkan Tiang Proyek Monorel

    Fachri Audhia Hafiez - 22 Oktober 2020 22:36 WIB
    Pemprov DKI Cari Solusi Singkirkan Tiang Proyek Monorel
    Tiang-tiang penyangga monorel yang terbengkalai di Jalan H.R Rasuna Said, Jakarta/Antara/Akbar Nugroho
    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membongkar tiang bekas proyek monorel yang mangkrak di sejumlah ruas jalan Ibu Kota. Eksekutif tengah mencari cara.

    "Nanti akan kita cari solusi yang terbaik. Memang kan ini dulu sudah sejak lama dibangun, itu sudah jadi tiang di beberapa tempat di koridor Rasuna Said dan Senayan," kata Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria atau Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2020. 

    Ariza mengaku belum mengetahui secara persis sejarah pembangunan proyek yang mangkrak tersebut. Ia bakal berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk memikirkan cara tepat melakukan pembongkaran tiang monorel agar tak menyalahi aturan.

    "Saya akan minta laporan dari Dishub atau yang mengetahui sejarahnya seperti apa. Dulu kenapa, bagaimana, dan nanti kita akan diskusikan di internal," ucap Ariza.

    Nantinya ia juga akan melaporkan hasil tersebut ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pada prinsipnya, lanjut Ariza, semua kebijakan yang telah diambil oleh jajaran gubernur sebelumnya terkait proyek monorel bakal disinergikan.

    "Kita akan carikan solusinya, apapun pemerintahan itu dari periode ke periode itu, sebetulnya ada benang merah yang enggak bisa dipisahkan," ucap politikus Partai Gerindra itu.

    Tiang pertama proyek monorel diresmikan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri pada 2004. Proyek tersebut mengalami kesulitan pembiayaan hingga persoalan perusahaan yang terlibat di dalamnya.

    Berganti era kepemimpinan Ibu Kota rupanya tak mudah untuk membereskan proyek tersebut. Hingga pada 2011 atau era Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo proyek monorel benar-benar dihentikan.

    Upaya mantan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo serta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk menghidupkan kembali monorel juga tak kunjung membuahkan hasil. Kompleksitas penggarapan proyek tersebut jadi penyebabnya.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id