Golkar Minta Formula E Tak Dibandingkan dengan Banjir

    Cindy - 10 Februari 2020 22:20 WIB
    Golkar Minta Formula E Tak Dibandingkan dengan Banjir
    Pembangunan Plaza Selatan Monas di Jakarta, Selasa, 21 Januari 2020. Foto: MI/Pius Erlangga
    Jakarta: Anggaran Formula E disebut tidak bisa dibandingkan dengan anggaran penanggulangan banjir. Dua kegiatan ini memiliki pagu anggarannya masing-masing.

    "Kalau dibandingkan formula E dengan banjir saya pikir tidak bisa apple to apple. Formula E sudah ada alokasinya, banjir juga ada alokasinya," kata Judistira di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin, 10 Februari 2020. 

    Judistira mengatakan alokasi anggaran untuk penanganan banjir Jakarta 2020 mencapai Rp3,7 triliun. Anggaran itu digelontorkan buat pembebasan lahan sekitar bantaran sungai oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan gaji Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP). 

    "Saya pikir sudah cukup diperhitungkan oleh Komisi (B DPRD) maupun Badan Anggaran bersama Pemprov DKI, masing-masing punya porsinya," ucapnya. 

    Menurut Judistira, sesuatu yang sudah diputuskan seperti pemberian izin pergelaran Formula E di Monas harus dijalankan. Namun semua keputusan harus menggunakan prinsip efektif efisien.

    Golkar Minta Formula E Tak Dibandingkan dengan Banjir
    Suasana acara konferensi pers Jakarta E-Prix 2020 di Monas, Jakarta Pusat, Jumat, 20 September 2019. Foto: MI/Saskia Anindya Putri

    "Kalau saya menilai kalau bisa ditekan, ditekan penggunaan anggaran itu. Kalau Commitment Fee itu kan sudah ada di dalam kontrak kerjasama Pemprov DKI dengan penyelenggara," kata Judistira.

    Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka meminta Pemprov DKI Jakarta memperhatikan sejumlah hal dalam pelaksanaan Formula E. Konstruksi lintasan, tribun penonton, dan fasilitas harus sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya.
     
    Jajaran Ibu Kota juga wajib menjaga keasrian, kelestarian vegetasi, dan kebersihan kawasan Medan Merdeka. Keamanan dan ketertiban juga harus diperhatikan. Instansi terkait juga wajib dilibatkan untuk menghindari perubahan fungsi, kerusakan lingkungan, dan cagar budaya.





    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id