comscore

Warga Keluhkan Operasional Kopaja TransJakarta

Yogi Bayu Aji - 19 Januari 2016 12:00 WIB
Warga Keluhkan Operasional Kopaja TransJakarta
Kopaja TransJakarta beroperasi di Rusunawa Marunda. Foto: MTVN/Yogi Bayu Aji
medcom.id, Jakarta: Warga rumah susun sewa (Rusunawa) Marunda, Jakarta Utara mengeluhkan operasioal Kopaja TransJakarta. Selain lamanya waktu tunggu, rute yang dilalui tidak efektif.
 
Warga rusunawa Marunda Aris Munandar mengatakan, bus grais itu kurang cepat mengantar warga ke Terminal Tanjung Priok. Pasalnya, bus harus memutara keliling ke halte lain sebelum ke terminal Tanjung Priok.
 
"Kalau langsung ke Tanjung Priok hanya setengah jam. Kalau naik ini bisa satu jam," kata Aris kepada Metrotvnews.com, Selasa (19/1/2016).
 
Lima bus Kopaja Transjakarta gratis ini masih uji coba. Bus ukuran sedang itu beroperasi sejak Minggu 17 Januari 2016. Kendaraan ini beropersia pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.
 
Meskipun mengkritik, Aris mengaku antusias merasakan kendaraan baru ini. Mereka terbantu dengan bus yang bebas biaya. "Kalau dulu warga bayar, sekarang lumayan ada yang gratis," kata Aris.
 
Hal serupa diucapkan Saka, penghuni Rusunawa Marunda ini merasakan waktu tempuh yang lebih lama. Namun, Saka bisa memaklumi. "Buat yang kerja lumayan terbantu. Warga sini banyak yang kerja ke arah Tanjung Priok," katanya.
 
Pantau Metrotvnews.com, bus gratis ini memang cukup diminati warga. Warga masih penasaran dengan angkutan umum baru ini.
 
"Bang ini naiknya gimana? Harus bayar, nunjukin KTP, atau apa?" kata seorang calon penumpang. Petugas pun menjelaskan, warga tinggal naik saja tanpa harus membayar.
 
Sopir Kopaja Transjakarta Nicolas Tobing mengatalan, bus biasanya jalan setiap 20 menit sekali. Waktu perjalanan dari rusunawa Marunda ke Terminal Tanjung Priok ditempuh dalam satu jam.
 
"Tapi kadang-kadang macet di KBN (Kawasan Berikat Nusantara), jadi lebih lama," ujarnya.
 
Menurut dia, dalam tiga hari ini, belum ada kendala berarti yang dialami dalam berkendara di trayek ini. Penumpang bus juga banyak, terutama pagi dan sore.

(FZN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id