192 Pedagang di DKI Positif Korona

    Cindy - 27 Juni 2020 06:21 WIB
    192 Pedagang di DKI Positif Korona
    Ilustrasi pasar tradisional. MI/Anindya Zaskia Putri
    Jakarta: Jumlah pedagang positif korona (covid-19) di DKI Jakarta bertambah. Sebanyak 40 pedagang positif korona dalam kurun waktu tiga hari.

    "Semula ada 152 kasus pada 23 Juni 2020, kemudian bertambah menjadi 192 kasus positif," ucap Ketua Gugus Tugas Covid-19 Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Indonesia (IKAPPI), Dimas Hermadiyansyah lewat keterangan tertulis, Jumat, 26 Juni 2020.

    Dimas menuturkan 192 kasus pedagang positif itu terjadi di 26 pasar tradisional DKI. Ada lima area dengan kasus positif korona terbanyak.

    Pertama yakni di di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur dengan total 49 kasus. Disusul Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur, sebanyak 18 kasus.

    Selanjutnya yakni Pasar Serdang dan Pasar Rawa Kerbau, Jakarta Pusat serta Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan masing-masing 14 kasus. Sebanyak 13 kasus berada di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

    "Serta peringkat kelima dengan 11 kasus di Pasar Kampung Ambon, Jakarta Timur," ujar Dimas.  

    Baca: Tiga Pedagang Positif Korona, Pasar Gembrong Ditutup

    Menurut dia, penambahan kasus tersebut karena gencarnya pemeriksaan rapid test dan swab polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan pemerintah. Hal ini guna mendeteksi dini covid-19 serta memutus rantai penyebaran virus di pasar.

    Dimas menegaskan pasar tradisional akan tetap aman dari virus korona asalkan pembeli dan pendagang disiplin menjalankan protokol kesehatan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pengelola pasar juga diminta berupaya maksimal memfasilitasi penerapan protokol tersebut.

    "Upaya maksimal bisa berjalan bila semua komponen dilibatkan. Gotong royong harus diciptakan demi kondisi pasar yang aman dan nyaman dengan kedisiplinan penerapan protokol kesehatan di lingkungan pasar," imbuh dia.

    Sebanyak 768 pedagang positif korona di Indonesia per Jumat, 26 Juni 2020. Adapun 32 pedagang meninggal.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id