Alasan Anies Gelar Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi

    Nur Azizah - 14 Agustus 2019 15:04 WIB
    Alasan Anies Gelar Upacara HUT RI di Pulau Reklamasi
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pulau Reklamasi. MI/Nicky Aulia.
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI di Pulau D hasil reklamasi. Anies ingin menunjukkan bahwa pulau reklamasi terbuka bagi siapa pun.

    "Begini, dahulu lahan hasil reklamasi adalah wilayah tertutup bahkan media masuk ke sana tak bisa dijaga ketat seakan-akan milik pribadi dan milik swasta, kemudian kita ubah jadi kawasan terbuka milik RI," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.

    Anies ingin memperlihatkan kawasan reklamasi yang sempat dikuasai swasta itu terbuka bagi masyarakat umum. Ia tak ingin kawasan itu justru jadi eksklusif bagi segelintir orang.

    "Kita selenggarakan peringatan tanah air kita ini di hasil tanah yang dulunya dikuasai dan tertutup oleh swasta, pesan tak ada wilayah eksklusif tertutup, milik kami dan RI. Maka, kita selenggarakan upacara bendera di tempat itu, menandai tanah itu di bawah kibaran merah putih," pungkas dia.

    Baca: Anies Disebut Nyaman Sendiri

    Senin, 12 Agustus 2019, Anies mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 71 Tahun 2019. Ingub itu berisi tentang pelaksanaan upacara pengibaran bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 RI.

    Dalam Ingub itu menginstruksikan seluruh jajaran pejabat dan pegawai Pemprov DKI untuk mengikuti upacara di sana. Pemprov akan menyiapkan bus untuk akomodasi pegawai menuju Pantai Maju. Para pegawai diminta berkumpul paling lambat pukul 05.30 WIB. 

    Sebelumnya, Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Hani Sumarno menjelaskan kawasan Pantai Maju dipilih sebagai lokasi upacara HUT ke-74 RI untuk merepresentasikan bahwa Jakarta memiliki pantai yang bisa diakses secara gratis.

    Dia menyebut lokasi upacara berbatasan dengan jalur jalan sehat dan sepeda santai (jalasena) yang sudah dibangun Jakpro. Akses menuju lokasi acara juga sudah diaspal.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id