Tilang Elektronik Diberlakukan di Tol Dalam Kota

    Siti Yona Hukmana - 20 September 2019 17:25 WIB
    Tilang Elektronik Diberlakukan di Tol Dalam Kota
    Ilustrasi tilang elektronik. ANT/Nova Wahyudi.
    Jakarta: Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (e-TLE) di jalan tol pada awal Oktober 2019. Kebijakan itu bertujuan mengurangi pelanggaran.

    "Kemudian over speed, over dimension, dan pelanggaran penggunaan bahu jalan," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 20 September 2019. 

    Nasir mengatakan penerapan tilang elektronik itu merupakan kerja sama Ditlantas Polda Metro Jaya dengan Dinas Jasa Marga. Aturan itu direalisasikan karena adanya kebutuhan kedua belah pihak. 

    "Masing-masing punya tujuan. Bagi kita keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran. Bagi Jasa Marga ya itu over loading, over speed, dan over dimension," ungkap Nasir.

    Nasir mengungkapkan fitur baru akan ditambahkan dalam kamera tilang elektronik di tol. Sebab, penerapan jenis pelanggaran di tol berbeda dengan jalan protokol. 

    "Untuk pelanggaran over loading dan over dimension kita memang belum punya, tapi nanti akan disesuaikan dengan kamera-kamera pengukur beban, pengukur dimensi, pengukur kecepatan, dan kendaraan tidak terdaftar," ujar dia. 

    Tilang elektronik itu akan diterapkan di tol dalam kota. Penempatan kamera bisa saja meluas tergantung Dinas Jasa Marga.

    "Kalau MOU-nya sudah, penempatan-penempatan kamera menjadi wewenang Jasa Marga," pungkas Nasir.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id