Pemprov DKI Minta Pemilik Gedung Sediakan Parkir Sepeda

    Sri Yanti Nainggolan - 18 Oktober 2019 19:26 WIB
    Pemprov DKI Minta Pemilik Gedung Sediakan Parkir Sepeda
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencoba jalur sepeda. Foto: ANT/M Risyal Hidayat
    Jakarta: Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan peresmian jalur sepeda akan dilakukan setelah uji coba semua fase rampung. Pemprov bakal melakukan evaluasi lebih dulu. 

    "Ada social engineering dalam persiapan jalur sepeda permanen. Oleh sebab itu yang dimunculkan adalah uji cobanya, bukan peresmian jalurnya," ujar Sayfrin dalam acara media update di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2019. 

    Syafrin menyebut pemprov ingin mendapat masukan dari seluruh elemen masyarakat. Sehingga, program sesuai ekspektasi masyarakat.

    "Misalnya, kurang rambu atau berlebihan pasang cone. Jadi sampai November nanti, kita evaluasi terus," tambah dia. 

    Syafrin mengungkapkan hasil diskusi dengan komunitas pesepeda, salah satu keinginan para pegiat sepeda ialah jalur terusan. Pasalnya, beberapa jalur sepeda tak saling menyambung. 

    "Berdasarkan pengalaman, 9 km (jalur sepeda) di BKT (Banjir Kanal Timur). Tapi hanya itu, setelah itu bingung lanjutkan ke mana. Atau di Melawai, terputus 2 km," ia mencontohkan.

    Syafrin menyebut untuk meningkatkan semangat bersepeda management building di kawasan jalur sepeda menyediakan fasilitas kamar mandi dan parkir sepeda. Dengan demikian, pesepeda dapat mandi sebelum bekerja dan aman menitipkan kendaraan mereka di kantor.

    "Bulan lalu, saya sudah bersurat pada management building yang ada di jalur 63 km yang sudah kita siapkan, itu mereka siapkan parkir sepeda," beber dia. 

    Ia meminta para pemilik gedung menyiapkan penunjuk arah mulai dari gerbang menuju lokasi parkir sepeda. Ini supaya pesepeda tidak bingung. 

    November mendatang fase ketiga jalur sepeda sepanjang 15 km akan diluncurkan. Fase pertama sudah diluncurkan pada September 2019 sepanjang 23 km dan fase kedua pada bulan Oktober sepanjang 25 km. Total jalur sepeda 63 km. 





    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id