Dishub DKI Jamin Bus Zhongtong Layak Beroperasi

    Sri Yanti Nainggolan - 17 Oktober 2019 18:15 WIB
    Dishub DKI Jamin Bus Zhongtong Layak Beroperasi
    Ilustrasi. (Foto: MI/Pius Erlangga)
    Jakarta: Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjamin bus TransJakarta merek Zhongtong layak beroperasi. Semua persyaratan teknis, maupun izin sudah terpenuhi.

    Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, setiap kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan wajib memenuhi ketentuan administrasi dan teknis. Kendaraan juga harus sudah mendapatkan uji tipe yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan. 

    "Setelah itu ada surat tanda nomor kendaraan (STNK), (artinya) administrasinya dipenuhi," ujar Syafrin saat dihubungi, Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2019. 

    Syafrin meyakini pihak TransJakarta dan operator sudah mengantisipasi bila ada busnya yang terbakar seperti kasus pada 2015. Dishub DKI lebih fokus soal Standar Pelayanan Minimum (SPM).

    "Nah, begitu yang bersangkutan memenuhi standar pelayanan minimum karena operasionalnya, tentu rupiah perkilometernya dibayar sesuai dengan capaiannya," ujar dia. 

    Jika tidak bisa mencapai SPM, risiko sepenuhnya ada di operator yang mengadakan bus. Misalnya, terjadi pemotongan rupiah perkilometer bila tak bisa memenuhi ketentuan sesuai perjanjian. 

    "Begitu ada kendala misalnya, dia ada kendala teknis tidak bisa operasional, otomatis dia tidak mendapatkan pembayaran karena busnya tidak operasi," ujar dia.

    Namun, Dishub tetap bisa memberikan sanksi bila bus TransJakarta tak memenuhi persyaratan teknis dan administrasi. Contohnya, gross vehicle weight bus maksimal 26 ton dengan lebar 2,5 meter dan panjang 18 meter.

    "Oh iya, perlakuannya sama. Semua harus memenuhi persyaratan teknis dan administrasi," pungkas dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id