Pabrik Air Minum di Tambora Ditutup Satgas Covid-19

    Antara - 08 Oktober 2020 04:14 WIB
    Pabrik Air Minum di Tambora Ditutup Satgas Covid-19
    Suasana gedung-gedung perkantoran di Jakarta, Kamis, 13 Agustus 2020. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 menutup sementara cabang pabrik air minum kemasan di Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat. Pabrik ini belum menerapkan bekerja dari rumah dan tidak menyediakan fasilitas kebersihan sesuai protokol kesehatan pencegahan virus korona.

    "Prokes (protokol kesehatan) belum dijalankan maksimal, baru masuk saja tidak ada keran air, antrean menumpuk, hand sanitizer dan cairan disinfektan belum tersedia," ujar Kepala Bagian Perekonomian Jakarta Barat Mohammad Iqbal di Jakarta, Rabu, 7 Oktober 2020.

    Pemerintah Kota Jakarta Barat menutup operasional pabrik hingga tiga hari ke depan. Jika pelanggaran berlanjut, pabrik dikenakan sanksi denda progresif antara Rp50 juta-Rp150 juta hingga pencabutan izin usaha sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 79 Tahun 2020.

    Gedung 21 lantai Hayam Wuruk Plaza di Tamansari, Jakarta Barat, juga kena inspeksi mendadak (sidak) Satgas Covid-19 Pemerintah Kota Jakarta Barat. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengecek isi-isi kantor. 

    Beberapa kantor ada yang menerapkan bekerja di rumah 100%, tetapi ada juga yang menerapkan bekerja di rumah 25-50%. Satpol PP Jakarta Barat dan Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Barat mencatat ketertiban di lift gedung tersebut.

    Lift gedung yang hanya seluas 3x3 meter itu kerap diisi berdesakan karyawan kantor. Hal itu diketahui saat karyawan kantor keluar dari lift untuk istirahat. Selain itu, meski lift sudah diberi pembatas isi lift, jumlah markah melebihi ketentuan protokol kesehatan.

    Baca: Doni: 17% Publik Percaya Tidak Akan Terinfeksi Covid-19

    "Karena liftnya kecil harusnya maksimal empat orang. Tapi ini sampai lima jadi kami minta kapasitas kurangi satu," ujar Kepala Satpol PP Jakarta Barat Tamo Sijabat usai sidak.

    Pengelola gedung berjanji memperketat kapasitas lift. Mereka juga akan kurangi markah yang terdapat dalam lift.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id