Riset Covid-19 di Jakarta Diterbitkan dalam Jurnal Internasional

    Sri Yanti Nainggolan - 06 Maret 2021 01:05 WIB
    Riset Covid-19 di Jakarta Diterbitkan dalam Jurnal Internasional
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Hasil penelitian terhadap penyebaran covid-19 di Jakarta diterbitkan dalam jurnal kesehatan internasional, Lancet. Riset tersebut dilakukan pada awal masa pandemi covid-19.

    Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, menjelaskan penelitian tersebut dilakukan kepada pasien rawat inap di rumah sakit rujukan covid-19 pada 2 Maret-31 Juli 2020. Riset dikerjakan Eijkman-Oxford Clinical Research Unit (EOCRU Jakarta), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, University of Oxford (UK), dan Oxford University Clinical Research Unit (Vietnam).






    "Temuan ini menganalisis karakteristik klinis dan kematian terkait covid-19 pada pasien rawat inap," kata Widyastuti dalam keterangan tertulis, Jumat, 5 Maret 2021.

    Dia mengatakan penelitian tersebut merupakan salah satu yang terbesar di negara berkembang dan Asia Tenggara. Dia berharap penelitian tersebut dapat menjadi landasan dalam menyusun kebijakan penanggulangan pandemi di Indonesia. Selain itu, penelitian tersebut diharapkan dapat menjadi acuan di negara berkembang lainnya.

    "Temuan terkait tingginya kematian pada pasien anak di bawah 5 tahun, dapat menjadi landasan penelitian lebih lanjut untuk memahami faktor risiko dan dampak covid-19 pada anak-anak di Jakarta, serta wilayah lain di Indonesia," kata dia.

    Baca: Kasus Covid-19 di Jakarta Bertambah 1.159

    Penelitian tersebut menyimpulkan dari 4.265 pasien covid-19, sebanyak 3.768 orang sembuh dan 497 meninggal. Usia rata-rata adalah 46 tahun. Sebanyak 5 persen adalah anak-anak dan 31 persen memiliki lebih dari satu komorbiditas.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id