Mulai Hari Ini, Penumpang Diizinkan Transit di Stasiun Tanah Abang

    Putri Anisa Yuliani - 04 Mei 2021 08:16 WIB
    Mulai Hari Ini, Penumpang Diizinkan Transit di Stasiun Tanah Abang
    Ilustrasi penumpang menunggu kereta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, pada 9 Juni 2020. ANTARA Foto/Muhammad Adimaja



    Jakarta: Pengguna kereta rel listrik (KRL) kembali diizinkan transit atau berganti kereta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta. Keputusan ini diambil berdasarkan evaluasi penyesuaian layanan pada hari pertama perubahan operasional Stasiun Tanah Abang.

    "Petugas KAI Commuter dibantu tambahan petugas keamanan senantiasa menerapkan protokol kesehatan bagi para pengguna, seperti wajib memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL. Upaya menjaga jarak juga dilakukan saat kondisi stasiun padat, yaitu dengan penyekatan sebelum pengguna naik KRL," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan tertulis, Selasa, 4 Mei 2021.






    Anne mengatakan Stasiun Tanah Abang tetap tidak melayani pengguna yang akan keluar maupun masuk stasiun pada pukul 15.00-19.00 WIB. Kemudian, petugas akan melakukan penyekatan di stasiun padat pada pagi dan sore hari. Penyekatan telah dilakukan di Stasiun Palmerah pada Senin, 3 Mei 2021, sore hingga malam hari.

    Penyekatan untuk menghitung jumlah pengguna yang naik KRL sesuai kuota masing-masing stasiun. Penyekatan di Stasiun Palmerah dibagi dalam zona, yaitu saat pengguna akan masuk stasiun, di hall tengah stasiun, hingga ujung di depan pos kesehatan untuk selanjutnya diarahkan menuju peron 1.

    "Sebagai dampak ditutupnya Stasiun Tanah Abang, kuota pengguna yang dapat naik ke setiap rangkaian KRL dari Stasiun Palmerah juga bertambah. Tambahan kuota diambil dari Stasiun Tanah Abang yang sementara tidak melayani pengguna," ungkapnya.

    Baca: Rekayasa Perjalanan KRL untuk Mencegah Kerumunan di Tanah Abang

    Anne menegaskan KAI Commuter terus menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh pengguna KRL dengan wajib memakai masker kain 3 lapis atau masker kesehatan, menjaga jarak, dan mencuci tangan baik sebelum maupun sesudah naik KRL. Apabila terjadi kepadatan, petugas akan melakukan penyekatan di area stasiun.

    Pengguna kereta juga dapat memanfaatkan aplikasi KRL Access yang menyediakan fitur info kepadatan stasiun, posisi terkini KRL, jadwal KRL serta informasi terkini dari media sosial KAI Commuter. Informasi ini dapat dimanfaatkan untuk menghindari antrean pengguna KRL.

    Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta bersama PT KAI dan PT KAI Commuter bekerja sama mengurangi kepadatan penumpang di Stasiun Tanah Abang. Langkah ini diambil imbas membeludaknya warga Jabodetabek yang ingin berbelanja kebutuhan hari raya di Pasar Tanah Abang.

    Upaya itu dilakukan dengan menutup layanan keluar masuk penumpang dari dan menuju Stasiun Tanah Abang pada pukul 15.00-19.00 WIB. Penumpang pada pukul tersebut tidak dapat naik maupun turun di stasiun tersebut. KRL juga tidak ada yang berhenti di Stasiun Tanah Abang. KRL hanya berhenti di stasiun sebelumnya, yakni Palmerah untuk relasi Maja/Serpong, Karet untuk relasi Bogor/Nambo, dan Duri untuk relasi Angke/Jatinegara.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id