PKS Ngotot Syaikhu Masuk Bursa Cawagub DKI

    Kautsar Widya Prabowo - 04 Oktober 2019 13:31 WIB
    PKS <i>Ngotot</i> Syaikhu Masuk Bursa Cawagub DKI
    Calon wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Syaikhu. (Foto: Medcom.id/Nur Azizah)
    Jakarta: Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPRD DKI Jakarta mengotot mendorong Ahmad Syaikhu dalam bursa pemilihan calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta. Padahal, Syaikhu telah terpilih sebagai anggota DPR periode 2019-2024.

    PKS tak mempersoalkan status wakil rakyat Syaikhu. Syaikhu bahkan diklaim PKS akan mengundurkan diri dari parlemen jika nantinya terpilih sebagai orang nomor dua di Ibu Kota.

    "Iya (tetap) pak Syaikhu (cawagub). Informasinya (Syaikhu) akan mundur dari dewan kalau terpilih sebagai wagub, nanti kita lihat prosesnya," kata Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta M Arifin kepada Medcom.id, Jakarta, Jumat, 4 Oktober 2019.

    Arifin membantah jika koleganya itu bermain dua kaki. Keputusan Syaikhu tetap ikut pelantikan anggota DPR pada 1 Oktober 2019 dinilai hal yang wajar.

    "Jadi diambil dulu yang jelas, meskipun proses sebagai cawagub tetap diikuti," jelasnya.

    PKS tidak akan mempermasalahkan sikap akhir yang akan dipilih Syaikhu jika nantinya terpilih sebagai wakilnya Anies Baswedan. Menurutnya, menjadi wakil gubernur atau legistator sama-sama bermanfaat baik untuk masyarakat.

    "Yang penting di posisi apapun bisa memberikan terbaik untuk masyarakat. untuk Jakarta, untuk negeri yang kita cintai, mau di posisi apapun mau jadi DPR," pungkasnya.

    Syaikhu menyatakan bersedia melepaskan jabatan anggota DPR jika terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. "Kalau memang serius, dibahas dan saya harus maju dan partai memerintahkan saya di DKI saya tinggal mundur," kata Syaikhu. 

    Kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta kosong sejak 10 Agustus 2018 setelah Sandiaga Uno mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto. Hingga saat ini bursa cawagub DKI Jakarta masih diisi oleh dua partai pengusung.

    PKS mencalonkan Ahmad Syaikhu dan Gerindra menyodorkan nama Agung Yulianto. Ahmad Syaikhu baru saja dilantik sebagai anggota DPR bersama 574 anggota lainya.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id