Cara Pemprov DKI Genjot UMKM

    Sri Yanti Nainggolan - 11 September 2020 11:52 WIB
    Cara Pemprov DKI Genjot UMKM
    Ilustrasi umkm. Dok.MI
    Jakarta: Pemprov DKI Jakarta berusaha menggenjot perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tengah pandemi covid-19. Salah satunya, memberikan program relaksasi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPTSP) DKI Jakarta berbentuk layanan jemput bola pada pelaku UMKM binaan JakPreneur maupun non-binaan, yakni Layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIP).

    "Sejak memulai relaksasi IUMK (izin UMK) pada 6 Juli hingga 8 September 2020 tercatat 43.950 IUMK yang sudah diterbitkan," kata Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta Sri Haryati dalam seremonial virtual pemulihan UMKM di Jakarta, Jumat, 11 September 2020.

    Ia mengungkapkan  terdapat 6.952 IUMK diterbitkan melalui jalur biasa selama Januari hingga Juni 2020. Total ada 50.902 IUMK dengan aset mencapai Rp369 miliar.

    Kemudian, pemberian kredit monas pemula kepada 25 Jakpreneur dan penyaluran kredit Bank DKI ke pelaku UMKM untuk tambahan modal kerja maupun investasi. Pada periode September 2020, terdapat 153 UMKM yang dalam proses pengajuan kredit modal kerja dengan penyaluran sebesar Rp38,8 miliar.

    "Angka ini akan terus bertambah, Insyaallah," ujar dia.

    Baca: Cara UMKM Bertahan Hadapi Pandemi

    Pemprov DKI juga akan memfasilitasi pembentukan 12 koperasi konsumen di kampung prioritas. Pembentukan koperasi ini untuk mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota koperasi dan masyarakat di daerah tersebut.

    Koperasi tersebut antara lain Koperasi Konsumen Bangkit Mandiri di Kampung Akuarium, Koperasi Konsumen Pinangsia di Kampung Kunir, Koperasi Konsumen Marlina Maju Bersama di Kampung Marlina, Koperasi Konsumen Elektro Jaya Makmur di Kampung Elektro, dan Koperasi Konsumen Gedung Pompa Mandiri Sejahtera di Kampung Gedung Pompa.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id