2 Ribu Pelanggar Protokol Kesehatan Ditindak Selama PSBB Transisi

    Christian - 27 Juni 2020 19:49 WIB
    2 Ribu Pelanggar Protokol Kesehatan Ditindak Selama PSBB Transisi
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Sebanyak ribuan pelanggar protokol kesehatan di wilayah Jakarta Pusat dijatuhi sanksi kerja sosial selam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Mereka terkena hukuman akibat tidak menggunakan masker saat keluar rumah.

    "Kami sudah memberikan sanksi kerja sosial kepada 2000 orang yang tidak pakai masker," ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Pusat Bernard Tambunan saat dihubungi, Jakarta, Sabtu, 27 Juni 2020.

    Bernard mengatakan menggunakan masker selama pandemi covid-19 seharusnya sudah menjadi kebiasaan. Namun, masyarakat masih banyak yang melanggar aturan itu.

    "Tiap hari pasti ada saja kita memberi sanksi. Apalagi orang-orang yang enggak pakai masker, jumlahnya banyak," tegas Bernard.

    Bernard menerangkan sanksi kerja sosial diberikan kepada pelanggar karena mereka tidak memiliki uang untuk membayar denda sebesar Rp250 ribu. Sehingga, para pelanggar memilih menggunakan rompi dan membersihkan fasilitas umum.

    Dia mencontohkan pada saat hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) pada Minggu, 21 Juni 2020. Dari 40 orang yang terjaring tidak memakai masker, hanya tiga orang yang mau membayar denda. Sisanya memilih untuk menjalani sanksi kerja sosial.

    "Mereka kadang enggak punya uang (untuk bayar denda). Jadi memilih melakukan sanksi kerja sosial sesuai Pergub (peraturan gubernur)," ujar Bernard.

    Baca: Syarat Perjalanan Terbaru Saat New Normal

    Bernard menegaskan pihaknya tak akan mengendurkan pengawasan meski sejumlah kegiatan sudah diperbolehkan selama masa PSBB transisi. Satpol PP akan terus menjaga agar masyarakat mematuhi aturan protokol kesehatan.

    "Kita tetap maksimal lakukan penjagaan. Mulai dari penerapan protokol kesehatan, berjaga di pos pantau, berjaga untuk pemeriksaan SIKM (surat izin keluar masuk), di pasar juga tiap hari ada tiga petugas, lalu di mal-mal juga kita jaga, jadi ya masyarakat tetap harus jaga protokol kesehatan," ujar Bernard.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id