comscore

Pergerakan Sesar Baribis, Wagub DKI: Indonesia Punya Potensi Kebencanaan

Media Indonesia - 29 Juni 2022 13:15 WIB
Pergerakan Sesar Baribis, Wagub DKI: Indonesia Punya Potensi Kebencanaan
Wagub DKI Ahmad Riza Patria. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menanggapi pergerakan Sesar Baribis di selatan Jakarta yang berpotensi memicu gempa bumi. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan pergerakan Sesar Baribis bisa saja terjadi lantaran kondisi geografis Indonesia.

"Kita tahu bahwa Indonesia ini memang negara yang punya potensi kebencanaan termasuk Sesar Baribis," kata Ariza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Juni 2022.
Ariza mengatakan Pemprov DKI telah menyiapkan regulasi terkait pencegahan dan pengendalian untuk meminimalisasi dampak gempa bumi tersebut. Termasuk, menyiapkan simulator untuk pelatihan menghadapi bencana tersebut.

"Itu menjadi perhatian kita semua, upaya dari Pemprov kita terus upayakan berbagai dukungan regulasi terkait antisipasi pencegahan dan pengendaliannya," ujar dia.

Baca: Pemprov DKI Perkuat Regulasi dan Mitigasi Bencana

Masyarakat digemparkan dengan informasi tentang gempa besar Sesar Baribis yang berpotensi mengguncang Jakarta. Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan gempa yang mengguncang bagian selatan Jakarta disebut Sesar Baribis.

Daryono mengimbau sejumlah pihak segera memberikan edukasi serta pelatihan mitigasi bencana guna meminimalisasi dampak dari guncangan yang dihasilkan. (Mohamad Farhan Zhuhri)

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id