DPRD DKI Diminta Menyetujui Pelepasan Saham Bir

    Sri Yanti Nainggolan - 03 Maret 2021 13:24 WIB
    DPRD DKI Diminta Menyetujui Pelepasan Saham Bir
    Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani



    Jakarta: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendukung rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melepas saham pada perusahaan bir PT Delta Djakarta. Mereka meminta DPRD DKI Jakarta menyetujui pencabutan saham tersebut.

    Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin mengatakan pihaknya telah menyetujui pelepasan saham bir sejak 2004. Minuman keras (miras) dinilai sebagai sumber kejahatan.






    "PKS sebagai partai Islam wajib memperjuangkan hal ini, dilepasnya saham miras dari APBD DKI," kata Khoirudin dalam keterangan tertulis, Rabu, 3 Maret 2021.

    Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta tersebut sangat mendukung janji kampanye Gubernur Anies Baswedan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017. Saat itu, Anies berjanji melepas saham Pemprov DKI di PT DLTA karena tak menguntungkan warga yang lebih membutuhkan air bersih.

    Baca: Ketua DPRD Minta Anies Bijak Sikapi Kepemilikan Saham Bir Pemprov DKI

    Menurut Khoirudin, sudah ada aturan yang mengatur pelepasan saham tersebut. Yakni, Peraturan Daerah (Perda) 8/2007 tentang Ketertiban Umum dan Perda 74/2005 tentang Minuman Beralkohol. Lalu, Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta 187/2014 tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Penjualan Minuman Beralkohol.

    Secara nasional, aturan tersebut tertera dalam Peraturan Menteri Perdagangan 25/2019 tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol "Aturan sudah cukup, tinggal kita menunggu, apakah DPRD setuju untuk mencabut saham Pemprov di PT Delta," kata Khoirudin.

    Pemprov DKI menguasai 26,5 persen saham di PT DLTA. Sebanyak 58,33 persen dimiliki San Miguel Malaysia (L) PTE LTD, perusahaan Miras asal Malaysia, dan sisanya dilepas ke publik.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id