RSD Wisma Atlet Terima Lagi Pasien Covid-19 Tanpa Gejala, Aturan Tak Berubah

    Fachri Audhia Hafiez - 17 Februari 2021 19:32 WIB
    RSD Wisma Atlet Terima Lagi Pasien Covid-19 Tanpa Gejala, Aturan Tak Berubah
    Wisma Atlet Kemayoran, Jakpus, dibersihkan jelang menjadi tempat penampungan pasien korona, Kamis, 19 Maret 2020. Foto: Medcom.id/Christian Dior



    Jakarta: Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, kembali menerima pasien covid-19 berstatus tanpa gejala per Selasa, 16 Februari 2021. Aturan isolasi di RSD tersebut tak berubah.

    "Sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) yang sudah dibuat dari awal rumah sakit berdiri, bahwa memang pasien yang tanpa gejala sesuai aturan Kementerian Kesehatan akan diisolasi selama 10 hari," ujar Komandan Lapangan RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Letkol Laut Muhammad Arifin, dalam program Headline News Metro TV, Rabu, 17 Februari 2021.




    Menurut Arifin, pasien boleh pulang pada hari ke-11 tanpa di tes swab atau usap dengan sejumlah catatan. Tidak ada gejala klinik apa pun yang mengarah memburuk menjadi syarat utama pasien bisa pulang.

    Baca: Terus Meningkat, 8.002 Pasien Covid-19 Berhasil Sembuh

    Sementara itu, pasien yang masih bergejala ringan sampai sedang akan dirawat dan diberi obat. Mereka boleh pulang bila pada hasil tes swab sudah dinyatakan bebas virus korona.

    "Negatif aman bisa dipulangkan dengan ketentuan dari dokter penanggung jawab pelayanan (DPJP) yang ada RSD Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran," ujar Arifin.

    RSD Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran akan memfungsikan kembali Tower 4 dan Tower 5 untuk pasien tanpa gejala. Tower itu dipakai lantaran kasus covid-19 menurun.

    "Karena memang dinamika di lapangan fluktuasi dari pasien turun naiknya untuk saat ini memang dua minggu terakhir landai di angka 55-57 persen, antara itu," ucap Arifin.

    RSD Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran sempat tak menerima pasien bergejala. Seluruh pasien tanpa gejala ditangani di Tower 8 dan 9 Wisma Atlet di Pademangan.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id