DKI Pastikan tak Semua NJOP Naik

    Nur Azizah - 19 Juli 2018 14:33 WIB
    DKI Pastikan tak Semua NJOP Naik
    ilustrasi. Medcom.id/Rizal.
    Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan tidak semua Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) naik. Kenaikan ditetapkan berdasarkan zonasi wilayah perumahan, perhotelan, tempat industri, dan pusat perbelanjaan.
     
    "Jadi kenaikan NJOP ini berdasarkan harga hasil survei pasar. Kenaikan itu kita lakukan berdasarkan zonasi juga. Kita kan prinsip keadilan," kata Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta Faisal Syafrudin di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis 19 Juli 2018.
     
    Faisal menyampaikan kenaikan pajak didominasi di wilayah komersial. Misalnya, tempat industri, perhotelan, perumahan, dan pusat perbelanjaan.
     
    "Jadi tidak semuanya naik. Kenaikan itu kita lakukan di wilayah komersial atau akan menjadi wilayah komersial," katanya.

    Baca: Pemprov DKI Jamin Kenaikan NJOP tak Memberatkan

    Salah satu kawasan yang mengalami kenaikan pajak ialah Jagakarsa. Harga pajak di wilayah tersebut mengalami kenaikan hingga 80 persen.
     
    "Nah itu kami sesuaikan, sesuaikan dengan harga yang sama dengan daerah perbatasannya. Contoh kami sesuaikan dengan harga di Cilandak dan Pasar Minggu. Nah, itu kami survei berdasarkan harga pasar dan plus juga dengan perkembangan ekonomi daerah," pungkas dia.
     
    PBB salah satu penyumbang terbesar pendapatan Pemprov DKI Jakarta. Dalam setahun, PBB dapat mencapai triliunan rupiah. Sejak Januari 2018 hingga Juni PBB yang masuk mencapai Rp1,5 triliun dari target Rp8,5 triliun.





    (FZN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id