Tiada Maaf Bagi Penerobos Jalur TransJakarta

    Candra Yuri Nuralam - 03 Oktober 2019 10:38 WIB
    Tiada Maaf Bagi Penerobos Jalur TransJakarta
    Kendaraan melintas di Jalur bus TransJakarta Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Selasa, 24 September 2019. Foto: MI/Saskia Anindya Putri
    Jakarta: Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan menindak tegas kendaraan apa pun selain Bus TransJakarta yang melintasi busway selama masa uji coba tilang elektronik. Jalur TransJakarta harus steril.

    "Tidak ada pengecualian," kata Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir kepada Medcom.id di Polda Metro Jaya, Kamis, 3 Oktober 2019.

    Nasir mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan PT Transportasi Jakarta menyediakan kamera perekam pengemudi yang masuk busway. Pengemudi yang nekat masuk jalur TransJakarta akan ditilang.

    Surat tilang akan dikirimkan ke rumah pelanggar dengan mencocokkan alamat rumah di surat tanda nomor kendaraan (STNK). Namun, kepolisian bisa memberikan kebijakan lain jika dalam uji coba ditemukan sejumlah kebutuhan khusus. 

    Diskresi diberikan berdasarkan pertimbangan banyak pihak dan kebutuhan masyarakat. "Masalah kamtib (keamanan ketertiban) atau keadaan force majeure itu baru tindakan pengaturan yang dilakukan oleh petugas." 

    Ditlantas Polda Metro Jaya telah memasang dua kamera tilang elektronik di jalur TransJakarta. Titik pemasangan kamera dipilih PT TransJakarta di lokasi yang banyak diterobos kendaraan roda dua. Tilang elektronik diterapkan mulai bulan ini.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id