comscore

Survei: Hanya 53% Warga yang Penuhi Persyaratan Booster dan PCR Sebelum Mudik

Nia Deviyana - 19 Mei 2022 21:46 WIB
Survei: Hanya 53% Warga yang Penuhi Persyaratan <i>Booster</i> dan PCR Sebelum Mudik
Ilustrasi. Foto: AFP
Jakarta: Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan hanya sebagian pemudik yang memenuhi persyaratan mudik Lebaran 2022. Yaitu vaksin booster atau tes antigen/PCR apabila belum menerima booster. Hanya 30 persen pemudik yang mengaku melakukan vaksin booster dan 23 persen melakukan tes antigen/PCR sebelum mudik.

"Maka secara keseluruhan hanya 53 persen warga yang memenuhi persyaratan mudik yang ditetapkan pemerintah. Selebihnya, ada 47 persen yang tidak memenuhi persyaratan, yaitu pemudik yang belum divaksin booster dan tidak melakukan tes antigen/PCR sebelum mudik," tulis kesimpulan survei tersebut yang dikutip Kamis, 19 Mei 2022.
Baca: Survei: 75% Masyarakat Puas Terhadap Kinerja Jokowi Menangani Covid-19

Survei tersebut juga menunjukkan mayoritas dari warga yang mudik (79 persen) merasa keamanan perjalanan selama mudik tahun ini baik atau sangat baik. Sedangkan masyarakat yang merasa sedang 16 persen, dan yang merasa buruk atau sangat buruk 4 persen.
 
Selanjutnya, sekitar 51 persen dari pemudik menilai perjalanan mudik tahun ini macet atau sangat macet. Sedangkan yang menilai lancar atau sangat lancar 48 persen.
 
"Namun demikian, warga pada umumnya merasa sangat atau cukup puas dengan kerja pemerintah dalam penyelenggaraan mudik tahun ini (76 persen). Yang merasa kurang/tidak puas sama sekali ada 9 persen, dan yang tidak tahu/tidak jawab 15 persen," papar survei tersebut.
 
Adapun survei ini dilakukan via telepon dengan target populasi survei warga negara Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.
 
Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). Sebanyak 1.245 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan ±2.9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen asumsi simple random sampling.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id